10 Suku Asli Indonesia yang Dianggap Primitif Hingga Terancam Punah

10 Suku Asli Indonesia yang Dianggap Primitif Hingga Terancam Punah

10 Suku Asli Indonesia yang Dianggap Primitif Hingga Terancam Punah--

Badan Pusat Statistik (BPS) Papua juga memasukkan mereka ke dalam daftar 20 suku terasing yang telah teridentifikasi. Saat ini, mereka yang juga disebut orang Baudi itu hidup di hutan belantara, pegunungan, dan lembah di kawasan Mamberamo, yang membuatnya tak tersentuh peradaban modern.

Suku Sakai

Orang-orang Suku Sakai disebut-sebut dulunya merupakan penduduk Kerajaan Pagaruyung, Minangkabau, yang melakukan migrasi ke kawasan rimba belantara yang kini masuk wilayah Kabupaten Siak, Riau.

BACA JUGA:5 Teori Asal Usul Suku Jawa, Masyarakat Peradaban Paling Maju

Mereka menjadi komunitas asli di pedalaman daratan Riau, namun selalu hidup berpindah-pindah di hutan. Sayangnya, kini Suku Sakai termasuk salah satu suku asli Indonesia yang terasing dan terancam punah, karena hutan-hutan terus dieksploitasi.

Suku Kajang

Sekitar 200 km dari kota Makassar, Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Bulukumba, hiduplah masyarakat Suku Kajang. Mereka sangat mudah dikenali, karena selalu berpakaian serba hitam dan tak pernah menggunakan alas kaki.

Orang-orang Suku Kajang memang sangat kuat memegang adat istiadatnya. Bahkan, mereka juga patuh untuk tidak mengambil hasil alam dari Hutan Karanjang yang dikeramatkan oleh nenek moyang mereka sejak dulu.

Suku Togutil

Di Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, ada pula komunitas etnis yang hidup di hutan-hutan secara nomaden.

Mereka adalah Suku Togutil, yang dikenal dengan nama Suku Tobelo Dalam. Masyarakat suku ini pun terancam punah, karena aktivitas pertambangan yang terjadi di sekitar hutan. Saat ini, hanya ada sekitar 42 keluarga SukuTogutil di perairan Sungai Dodaga, hutan Totodogu dan Lolobata.

BACA JUGA:Tegas, Aturan Suku Kubu Atau Orang Rimba, Berduaan Lawan Jenis Dihukum Cambuk dan Dikawinkan Paksa

BACA JUGA:Keturunan dari Penguasa Langit Suku Nias Sumatera Utara Turun Ke Bumi dengan Menggunakan Ini

Semoga informasi ini menambah pengetahuan terkait suku bangsa nusantara, jika ada kesalahan akan diperbaiki pada konten selanjutnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: