5 Suku Bangsa Asli Jawa, Salah Satunya Terkenal Dengan Penghasil Wanita Cantik Mempesona

5 Suku Bangsa Asli Jawa, Salah Satunya Terkenal Dengan Penghasil Wanita Cantik Mempesona

suku suku di pulau jawa -Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

Asal-usul suku Jawa sendiri, dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa teori yang menjelaskan. Berdasar penemuan arkeolog, suku Jawa sudah ada sejak jutaan tahun lalu dengan ditemukannya fosil seperti Pithecanthropus Erectus dan Homo Sapiens di berbagai tempat di Pulau Jawa. 

BACA JUGA:6 Suku Terkenal Unik, Disebut Manusia Pohon Hingga Keturunan Dewa

Sementara pendapat sejarawan menyatakan hal berbeda, yaitu meyakini bahwa nenek moyang suku Jawa berasal dari Yunan, China yang melakukan pengembaraan ke beberapa daerah di nusantara. 

Sumber lain berasal dari Babad Jawa Kuno yang menyebut bahwa nenek moyang suku Jawa berasal dari seorang pangeran kerajaan Kling yang tersisih dari perebutan kekuasaan. Raja tersebut membangun kerajaan baru bernama Javaceckwara bersama para pengikutnya. 

Asal-usul suku Jawa juga ditemukan dalam sebuah surat kuno dari keraton Malang yang menyebut tentang Raja Rum – Raja dari kesultanan Turki pada 450 tahun SM yang kemudian menemukan pulau yang sangat subur. 

Sama dengan daerah lainnya, pulau jawa didiami beberapa suku. Suku Jawa juga terbagi ke dalam beberapa suku atau subsuku. Selain suku Jawa, suku di pulau Jawa lainnya yang mendiami wilayah ini adalah suku Samin, Tengger, Osing, dan Bawean. 

Dilansir dari berbagai sumber, adapun suku-suku lain yang berada di wilayah pulau Jawa bagian barat meliputi:

BACA JUGA:9 Suku Asli Bali dan Nusa Tenggara, Terkenal dengan Wisata dan Wanitanya Cantik Mempesona

Suku Bagelen

Suku di Pulau Jawa yang pertama adalah Suku Bagelen. Orang Bagelen adalah salah satu subkelompok dari orang Jawa di daerah yang bernama Bagelen. Pada 1830, daerah Bagelen menjadi keresidenan Bagelen, terdiri atas Afdeling Purworejo, Kebumen, dan Wonosobo.

 

Suku Badui

Suku di Pulau Jawa yang kedua adalah Suku Badui (bahasa Sunda Badui: Urang Kanékés) atau kadang sering disebut Badui merupakan masyarakat adat dan sub-etnis dari suku Sunda di wilayah pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang belum terpengaruh modernisasi dan hampir sepenuhnya terasing dari dunia luar.

 

Suku Sunda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: