10 Mitos Orang Sunda, Dilarang Poto Bertiga Hingga Ibu Hamil Mengejek Orang Lain

10 Mitos Orang Sunda, Dilarang Poto Bertiga Hingga Ibu Hamil Mengejek Orang Lain

10 Mitos Orang Sunda, Dilarang Poto Bertiga Hingga Ibu Hamil Mengejek Orang Lain--

RADARMUKOMUKO.COMOrang sunda atau suku sunda merupakan salah satu suku yang cukup terkenal di Indonesia, karena selain sebagai salah satu etnis terbesar, Sunda juga memiliki banyak keunikan. Termasuk kecantikan wanita dan suaranya yang mendayu, membuat Sundah sangat melekat di masyarakat luar.

Hal menarik lainnya, Suku Sunda memiliki berbagai mitos kehidupan, bahkan beberapa diantaranya masih dipercayai di era modern seperti sekarang. mitos suku sunda kadang juga diikuti masyarakat luar.

BACA JUGA:Cara Membuat Lemang Bambu, Makanan Tradisional Yang Berwibawa

BACA JUGA:Cara Merebus Daun Saledri Jangan Dicampur Sayuran Lain, Airnya Bagus Untuk Diminum 

Berikut adalah tujuh mitos terkenal dari Suku Sunda, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Larang Berfoto Bertiga

Ada larangan untuk melakukan foto bersama dengan orang berjumlah ganjil. Dari cerita mitos yang beredar, berfoto dengan jumlah ganjil dipercaya akan mendatangkan musibah. Orang yang berada ditengah-tengah saat berfoto dipercaya akan meninggalkan dunia.

Namun, ada juga yang percaya jika melakukan foto dengan jumlah yang ganjil maka akan ada mahluk astral dalam foto tersebut.

2. Mitos Nyi Roro Kidul Larangan Baju Hijau

Banyak masyarakat Sunda percaya dengan mitos Nyi Roro Kidul, penguasa dan penghuni mistis pantai Selatan. Nyi Roro Kidul konon memiliki warna kesukaan yakni warna hijau.

Orang yang mengunjungi pantai Selatan dengan menggunakan pakaian berwarna hijau dimitoskan akan diseret oleh Nyi Roro Kidul ke laut. 

Maka, dalam istilah Sunda ada istilah Pamali, larangan memakai baju berwarna hijau jika ke pantai selatan.

3. Mitos Tuyul

Mitos ini menceritakan tentang makhluk halus kecil yang biasanya muncul di malam hari untuk mencuri uang atau barang berharga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: