Semarak Hari Pahlawan 2022, SMAN 1 Mukomuko Gelar Pawai Karnaval

Semarak Hari Pahlawan 2022, SMAN 1 Mukomuko Gelar Pawai Karnaval

Peringatan Hari Pahlawan SMA 1 Mukomuko--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM Pawai karnaval semarak Hari Pahlawan 10 November, sekaligus peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 yang digelar SMAN 1 Mukomuko, berlangsung meriah. Diikuti 995 orang siswa dan dewan guru.  

Dengan keanekaragaman kostum, mulai dari pakaian adat, profesi dan lainnya. Peserta pawai mulai melangkahkan kaki dari gerbang SMAN 1 Mukomuko menuju Masjid Jamik Al Falah, Kelurahan Pasar Mukomuko. Kemudian, putar balik kanan, kembali ke sekolah. 

Selain itu, semarak peringatan Hari Pahlawan oleh SMAN 1 Mukomuko juga diisi dengan kegiatan lomba yel-yel yang diikuti para siswa dan dewan guru. Serta lomba fashion show dan lomba monolog. 

Peringatan Hari Pahlawan 2022 di SMAN 1 Mukomuko dengan mengusung tema ‘’Melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan melahirkan pahlawan - pahlawan cendekiawan di era digital yang tangguh berdedikasi dan membanggakan negeri’’ dibuka secara resmi oleh Kepala SMAN 1 Mukomuko Dra. Siti Indiyarti, M.TPd.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Mukomuko M. Ampera, SE.MM mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Pahlawan, berangkat dari sinergitas sekolah dengan OSIS SMAN 1 Mukomuko. 

Menurut Ampera, melalui peringatan Hari Pahlawan, secara tidak langsung dapat menumbuhkan semangat jiwa patriotisme kepada para siswa. Tak kalah penting, melalui kegiatan ini juga bagian dari upaya untuk menambahkan wawasan siswa tentang nilai-nilai perjuangan para pahlawan kemerdekaan.   

Disisi lain, pelaksanaan pawai karnaval dengan beragam kostum, juga bagian dari cara untuk menggugah rasa cinta terhadap kearifan lokal. Mengenal keanekaragaman kreasi adat dan budaya serta ragam profesi di nusantara. 

‘’Mudah-mudahan dengan adanya acara peringatan hari pahlawan maka rasa nasionalisme siswa akan lebih tinggi dan mengenang jasa-jasa pahlawan ,’’kata Ampera.

Kepala SMAN 1 Mukomuko Dra. Siti Indiyarti, M.Tpd mengatakan kegiatan Peringatan Hari Pahlawan sekaligus Hari Sumpah Pemuda merupakan momen penting dalam mengenang jasa pahlawan Indonesia dalam merebut Bendera Merah Putih. Ia berharap momen tersebut dapat diselenggarakan dengan baik tanpa mengurangi makna Hari Pahlawan.

‘’Acara ini kita selenggarakan sebaik mungkin, ke depan acara ini dapat menambah semangat siswa dalam belajar untuk mencapai cita- cita,’’ tutup Siti. (njw/adv)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: