Gugus Tugas Covid-19, Nyatakan MM Bebas Corona

Gugus Tugas Covid-19, Nyatakan MM Bebas Corona

Seluruh Hasil Swab Tes Negatif

METRO – Setidaknya ada belasan pasien atau warga Mukomuko yang dilakukan swab test, karena sempat dicurigai terinfeksi virus corona. Hasilnya, semua hasil swab tes terhadap pasien maupun tenaga medis Mukomuko beberapa waktu lalu sudah keluar dan seluruhnya dinyatakan negatif. Kabar baik ini, kembali mempertegas jika ‘’kapuang sati ratau batuah’’ masih aman dari wabah yang bermula dari Wuhan negara China tersebut.

Juru bicara gugus tugas COVID-19 Mukomuko, Bustam Bustamo,S.Km mengakui hasil tes swab warga Pauh Teranja Kecamatan IVX Koto yang sempat heboh karena hasil rapid tes beberapa waktu lalu sudah keluar. Dimana hasil swab tesnya negatif, termasuk hasil swab tes beberapa pasien dalam pengawasan (PDP) lainnya sudah keluar, semuanya negatif virus corona.

‘’Semua hasil swab tes sudah keluar, kita bersyukur semuanya negatif. Warga Pauh Terenja yang sempat heboh juga dipastikan bukan karena corona. Maka hasil rapid tes tidak bisa menjadi dasar untuk menyatakan negatif atau positif corona,’’ kata Bustam.

Lanjutnya, data terbaru COVID-19 di Mukomuko, sampai sekarang dipastikan belum ada yang positif terjangkit. Sebaliknya Pasien dalam pengawasan (PDP) lima orang sudah dinyatakan sehat 4, tinggal 1 diawasi. Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang mencapai 109 orang, sudah dinyatakan sehat 105 orang, tersisa 4 masih diawasi. Juga Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sudah kontak langsung dengan penderita COVID-19, dari 14 orang, 10 sudah dinyatakan sehat, 4 dalam pemantauan. Sedangkan warga yang pulang dari daerah terjangkit atau (PPT) jumlahnya mencapai 3.939 orang, sebanyak 3.430 sudah dinyatakan sehat dan tinggal 509 orang disarankan isolasi mandiri, karena belum 14 hari.

‘’Intinya untuk yang positif, di Kabupaten Mukomuko belum ada, terkait denga status pengawasan atau atau pemantauan orang yang dilakukan, semata untuk antisipasi. Karena orang tersebut punya riwayat perjalanan dari daerah terjangkit,’’ ungkapnya.

Kepala Dinas kesehatan Desriani,SH juga membenarkan kabar ini, sekarang tidak ada lagi hasil tes swab yang ditunggu, karena sudah keluar seluruhnya. Yang jelas dengan keluarnya hasil swab ini, Mukomuko bisa dipastikan belum terkontaminasi oleh virus yang mampu menular dengan cepat tersebut. Walau demikian semua pihak, termasuk masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan.

‘’Sekarang tidak ada lagi tes swab yang ditunggu, semua sudah keluar dan kita masih aman dari paparan virus corona. Maka ini perlu dijaga dengan meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian,’’ tutupnya. (jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: