Tidur di Pagi Setelah Begadang apakah Baik Untuk Kesehatan?

Kamis 10-10-2024,19:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Tidur di pagi hari setelah begadang merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang, terutama di kalangan remaja dan pekerja shift malam. 

Namun, meskipun tidur pagi bisa memberikan manfaat untuk mengatasi kelelahan, ada sejumlah risiko kesehatan yang perlu diperhatikan.

Dampak Negatif Tidur Pagi

Gangguan Metabolisme: Tidur yang terlalu lama di pagi hari dapat mengacaukan ritme sirkadian tubuh, yang berfungsi mengatur pola tidur dan bangun. 

BACA JUGA:Rekomendasi Drama Korea dengan Tema Sandwich Generation yang Relate dengan Kehidupanmu

BACA JUGA:Berapa Lama Kucing Boleh Ditinggal Sendirian di Dalam Rumah?

Ini dapat berujung pada masalah metabolisme, membuat tubuh kesulitan mengatur nafsu makan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

1. Lesu Seharian

Tidur pagi setelah begadang cenderung membuat seseorang merasa lesu dan tidak bertenaga. 

Meskipun tidur ini dapat mengurangi rasa kantuk, tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan ritme aktivitas siang hari, sehingga produktivitas dapat terpengaruh.

2. Sakit Kepala

Tidur yang terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh penumpukan cairan di otak dan perubahan neurotransmitter yang terjadi akibat tidur berlebihan.

3. Risiko Kesehatan Mental

Kebiasaan tidur pagi yang sering dilakukan dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental, seperti depresi. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur atau tidur pada waktu yang tidak biasa cenderung lebih rentan terhadap masalah mental.

Kategori :