Manfaat Kacang Kapri Bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Diketahui

Selasa 27-08-2024,15:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

Menjaga Kesehatan Indra Penglihatan

Kacang kapri mengandung beberapa nutrisi penting untuk kesehatan mata, termasuk vitamin A, vitamin C, dan lutein. Vitamin A berperan penting dalam memelihara fungsi retina dan mencegah rabun senja. 

Vitamin C, sebagai antioksidan kuat, membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

Lutein, sebuah karotenoid yang ditemukan dalam kacang kapri, dikenal sebagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata. 

Lutein terakumulasi di makula, bagian retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan tajam. 

Konsumsi rutin makanan kaya lutein seperti kacang kapri dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Menjaga Kadar Gula Darah

Kacang kapri memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan tajam kadar gula darah setelah dikonsumsi. 

Hal ini membuat kacang kapri menjadi pilihan makanan yang baik bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko terkena diabetes.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang kapri mengandung beberapa nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Serat larut dalam kacang kapri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, khususnya kolesterol LDL atau "kolesterol jahat". 

Penurunan kadar kolesterol ini berkontribusi pada pengurangan risiko penyakit jantung koroner.

Kandungan kalium dalam kacang kapri juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah dengan menyeimbangkan efek natrium dalam tubuh. 

Tekanan darah yang terkontrol mengurangi beban kerja jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Ingatlah bahwa kunci untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kacang kapri adalah konsistensi. 

Cobalah untuk memasukkan kacang kapri dalam menu Anda secara teratur, bervariasi dalam cara penyajiannya untuk menghindari kebosanan. Semoga bermanfaat.*

Kategori :