Kesehatan Lari Sore yang Jarang Diketahui, Jaga Kesehatan di Tengah Kesibukan Kerja

Minggu 04-08-2024,09:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

Menjaga dan Meningkatkan Fungsi Otak

Lari sore tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga bagi otak Anda. Aktivitas aerobik seperti berlari telah terbukti meningkatkan aliran darah ke otak, yang pada gilirannya dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik teratur dapat meningkatkan volume hippocampus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori dan pembelajaran. Ini berarti bahwa dengan rutin lari sore, Anda tidak hanya menjaga kebugaran fisik, tetapi juga "melatih" otak Anda.

Mengurangi Stress

Dalam dunia yang penuh tekanan, lari sore bisa menjadi obat alami untuk mengurangi stres. 

Saat Anda berlari, tubuh Anda melepaskan endorfin, hormon yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan". 

Endorfin ini membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan stres dan kecemasan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

ari sore adalah cara yang efektif untuk membakar kalori ekstra yang mungkin Anda konsumsi sepanjang hari. Rata-rata, seseorang dapat membakar sekitar 100 kalori per mil saat berlari, tergantung pada berat badan dan intensitas lari.

Yang menarik, efek pembakaran kalori dari lari sore tidak berhenti saat Anda selesai berlari. Fenomena yang dikenal sebagai Excess Post-exercise Oxygen Consumption (EPOC) atau "afterburn effect" menyebabkan tubuh Anda terus membakar kalori pada tingkat yang lebih tinggi selama beberapa jam setelah olahraga.

Semoga bermanfaat.*

Kategori :