928 Tenaga Linmas di Mukomuko Disiagakan Bantu Pengamanan TPS Pilkada 2024

Minggu 28-07-2024,18:23 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko menyiagakan 928 tenaga Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam membantu tugas pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada tahun 2024.  

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kabupaten Mukomuko, Jodi, S.Pd mengatakan, sejumlah tenaga Linmas tersebut disiagakan membantu tugas kepolisian dalam pengamanan Pilkada pada hari pencoblosan.

‘’Sejumlah 928 orang tenaga Linmas di desa dan kelurahan ini disiagakan, mereka akan ditugaskan dalam membantu pengamanan di TPS Pilkada,’’ ungkap Jodi di Mukomuko, Minggu, 28 Juli 2024. 

BACA JUGA:Dipimpin Kades Alumni IAIN, Desa Ini Maju dengan Perolehan PAD Desa Nomor 2 Terbesar di Mukomuko

BACA JUGA:Warga Kabupaten Mukomuko Mulai Rasakan Dampak Kemarau, Kesulitan Air Bersih Masyarakat Manfaatkan Air Sungai

Pada pengamanan TPS Pilkada, selain tenaga Linmas desa dan kelurahan, juga ada Linmas ad hoc yang dibiayai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Dikatakan Jodi, perekrutan tenaga Linmas ad hoc dilakukan apabila tenaga linmas desa dan kelurahan tidak mencukupi dan dibutuhkan tambahan tenaga pengamanan TPS. 

‘’Perekrutan linmas ad hoc untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengamanan di TPS dilakukan oleh KPU berkoordinasi dengan kepala desa. Sebab tenaga Linmas ini lebih cenderung memberdayakan warga dari masing-masing desa,’’ ujarnya.  

Pun demikian, terkait kebutuhan Linmas untuk pengamanan Pilkada perlu berkoordinasi dengan pihak KPU Mukomuko. 

‘’Berapa tenaga Linmas yang dibutuhkan untuk pengamanan Pilkada, perlu berkoordinasi terlebih dulu dengan pihak KPU. Pun itu, kami meyakini dengan jumlah Linmas desa dan kelurahan yang ada sekarang ini, kekurangan taklah begitu banyak. Harapan kita, sebelum pencoblosan nanti, Linmas ad hoc sudah terbentuk. Sehingga mereka bisa terlebih dulu diberi pembekalan tugas pengamanan,’’ terang Jodi. 

Selain itu, Jodi juga menyampaikan, pihaknya akan melakukan pengiriman 300 Linmas untuk mengikuti apel siaga Linmas di ibu kota Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Launching Rumah Sakit Pratama Ipuh Mukomuko Tanggal 17 Agustus 2024?

BACA JUGA:Ali Saftaini Bocorkan Informasi Calon Penggantinya Sebagai Ketua DPRD Mukomuko

Apel siaga Linmas ini lebih difokuskan dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Linmas, dalam memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). 

‘’Apel siaga Linmas di Provinsi Bengkulu nantinya, kita dari daerah ini akan mengirim 300 orang Linmas. Tujuannya penguatan tugas pokok dan fungsi Linmas, sekaligus bakal menerima perlengkapan tugas dari pemerintah provinsi,’’ demikian Jodi. *

Kategori :