Minum Kopi Bikin Ngantuk? Mitos atau Fakta? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Minggu 21-07-2024,19:30 WIB
Reporter : Anwar
Editor : Ahmad Kartubi

Beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti kecemasan dan depresi, dapat membuat orang lebih sensitif terhadap efek kafein. Bagi mereka, kopi justru dapat memperburuk gejala kecemasan dan membuat mereka merasa lebih lelah.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mental dan Hati Kalian! Inilah Tanda Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu! Inilah Tanda Bahwa Mantan/Seseorang Belum Bisa Melupakan Kamu Karena Masih Cinta

6. Jenis Kopi yang Dipilih

Jenis kopi yang dikonsumsi juga dapat memengaruhi efeknya. Kopi robusta umumnya mengandung kafein lebih tinggi daripada kopi arabika. Bagi orang yang sensitif terhadap kafein, minum kopi robusta dapat meningkatkan kemungkinan mereka untuk merasa ngantuk.

7. Efek Plasebo

Dalam beberapa kasus, efek kantuk setelah minum kopi bisa disebabkan oleh efek plasebo. Artinya, orang tersebut percaya bahwa kopi akan membuat mereka ngantuk, sehingga sugesti tersebut memengaruhi perasaannya dan membuatnya benar-benar merasa mengantuk.

Jadi, jika Anda termasuk orang yang malah ngantuk setelah minum kopi, jangan heran. Ada beberapa faktor yang dapat menjelaskannya. Perhatikan metabolisme kafein Anda, kadar hormon, waktu konsumsi, jumlah konsumsi, kondisi kesehatan, jenis kopi, dan bahkan efek plasebo.

Berikut beberapa tips untuk menikmati kopi tanpa rasa kantuk:

* Kenali metabolisme kafein Anda. Jika Anda memiliki metabolisme kafein yang cepat, hindari minum kopi di sore atau malam hari.

* Kelola stres dengan baik. Kadar stres yang tinggi dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap efek kafein.

* Atur waktu minum kopi. Hindari minum kopi terlalu dekat dengan waktu tidur.

* Konsumsi kopi secukupnya. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi kopi.

* Pilih jenis kopi yang sesuai. Bagi orang yang sensitif terhadap kafein, kopi arabika mungkin lebih cocok.

* Perhatikan efek kopi pada tubuh Anda. Jika Anda selalu merasa ngantuk setelah minum kopi, coba beralih ke teh hijau atau minuman lain yang mengandung kafein lebih rendah.

Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi efek kopi dan mengikuti tips di atas, Anda dapat menikmati kopi tanpa rasa kantuk dan mendapatkan manfaatnya secara maksimal. 

Kategori :