Dayung Bersama Bantu Korban Kebakaran, Bupati Mukomuko Buka Rekening Gotong Royong

Kamis 18-07-2024,18:44 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

Dikatakan Bupati Sapuan, rekening gotong royong ini bersifat tidak berkesinambungan. Ia menyebutkan, ini hanyalah rekening insidental sebagai langkah dan upaya memudahkan proses menghimpun bantuan dari masyarakat.

"Rekening gotong royong ini insidental, untuk menghimpun dana bantuan masyarakat yang nantinya disalurkan untuk membantu meringankan beban korban musibah kebakaran rumah," ulasnya. 

Di samping itu, Bupati Sapuan juga menekankan upaya pencegahan dan kewaspadaan kebakaran di lingkungan masyarakat.   

Melalui camat dan kades, ia menitipkan pesan untuk senantiasa mengingatkan masyarakat akan bahaya kebakaran. Ia berharap sosialisasi pencegahan dan kewaspadaan kebakaran dapat disampaikan baik dalam forum resmi maupun tidak resmi, bahkan rumah-rumah ibadah. 

Semisal, mengingatkan masyarakat untuk melakukan pergantian jaringan listrik saluran rumah yang diperkirakan tidak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Dikatakan Bupati, perlu disampaikan hal ini untuk segera diganti. 

‘’Listrik kita sudah baik, terhubung ke jaringan listrik Sumatera Bagian Selatan. Tinggal lagi upaya kita mencegah terjadi kebakaran akibat arus pendek listrik. Maka dari itu, kita berharap camat dan kades turun menyuarakan ini, bagi rumah yang kabel listriknya tidak sesuai standar, untuk segera dilakukan pergantian,’’ pintanya.

Terpisah, Camat XIV Koto, Yusuf Aulawi, S.P menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang senantiasa turut hadir dalam meringankan beban masyarakat tertimpa musibah. 

Dengan bantuan yang diberikan, kata Yusuf, pihak korban tentu sangat terbantu. Sebab peristiwa kebakaran tersebut telah menghabiskan semua barang-barang milik korban. 

Kemudian Camat juga mengatakan, sekarang tim penanggulangan bencana Kecamatan XIV Koto juga mulai gerak menghimpun dana. Seluruh dana yang terhimpun nantinya akan diserahkan kepada korban diakhir Juli ini. 

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan pak Bupati. Kami dari kecamatan juga tengah berupaya menghimpun dana yang nantinya akan diberikan para korban pada akhir bulan ini,” pungkasnya. adv*

Kategori :