Ciri-ciri Orang yang Menarik Diri Seiring Bertambah Usia Menurut Psikologi

Minggu 23-06-2024,07:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Seiring bertambahnya usia, perubahan dalam kehidupan sosial dan emosional seseorang adalah hal yang alami. 

Namun, ada sebagian orang yang cenderung menarik diri dari interaksi sosial dan kegiatan yang sebelumnya mereka nikmati. 

Fenomena ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor psikologis. Mari kita bahas beberapa ciri-ciri orang yang menarik diri seiring bertambah usia menurut psikologi.

1. Menurunnya Minat pada Aktivitas Sosial

Salah satu tanda yang paling jelas adalah penurunan minat pada aktivitas sosial. Orang yang mulai menarik diri sering kali enggan menghadiri acara sosial, reuni, atau bahkan pertemuan keluarga. 

BACA JUGA:Ini Jam Makan yang Tepat Agar Diet Kamu Berhasil Menurut Para Peneliti dan Ahli

BACA JUGA:Sangat Unik, Inilah 10 Ras Kucing Paling Langka di Dunia

Mereka lebih memilih menghabiskan waktu sendirian atau hanya dengan beberapa orang terdekat. Menurut studi psikologi, hal ini bisa disebabkan oleh perubahan prioritas hidup dan energi yang berkurang untuk bersosialisasi .

2. Perubahan dalam Hubungan

Orang yang menarik diri cenderung memiliki perubahan dalam pola hubungan mereka. Mereka mungkin menjadi lebih selektif dalam memilih teman dan menghindari hubungan yang dianggap tidak penting atau terlalu membebani. 

Penelitian menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia, individu lebih memilih hubungan yang memberikan makna dan dukungan emosional .

3. Kecenderungan untuk Mengalami Depresi atau Kecemasan

Menarik diri juga sering kali terkait dengan peningkatan gejala depresi atau kecemasan. Perasaan sedih, putus asa, atau cemas yang berlebihan bisa membuat seseorang menghindari interaksi sosial. 

BACA JUGA:Rekomendasi Anime Tentang Hidup Sederhana, Cocok Untuk Healing

BACA JUGA:Ternyata Ini Loh Resep Bumbu Sate yang Lezat dan Cocok untuk Daging Kurban

Kategori :