Pemkab Mukomuko Tingkatkan Literasi Anak Melalui Lomba Bertutur

Selasa 21-11-2023,17:49 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemkab Mukomuko melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mukomuko gelar kegiatan lomba bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Iftidaiyah (MI) tingkat kabupaten pada Selasa, 21 November 2023.

Lomba bertutur yang digelar di gedung Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko, mengusung tema menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal menuju Kabupaten Mukomuko maju. 

BACA JUGA:Kejadian di Mukomuko, Bangunan Irigasi Primer BWS Bengkulu Ambrol Sepanjang 40 Meter

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko, Winarto, S.Pd kegiatan lomba bertutur ini merupakan upaya untuk menumbuhkembangkan literasi, kemampuan anak dalam bertutur (bercerita). Di samping sebagai wadah pembelajaran dengan penuh kegembiraan, tema lomba bertutur kali ini juga menanamkan rasa cinta terhadap adat budaya lokal terhadap anak sejak dini. 

‘’Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi anak sejak dini. Secara nasional, kegiatan ini merupakan dinas sesuai dengan Undang - Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Artinya, ini merupakan program nasional yang harus kita dukung bersama. Sumber anggaran dari APBD Kabupaten Mukomuko,’’ ungkapnya.  

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kata Winarto, pihaknya telah menyebarkan undangan ke masing-masing sekolah dasar se Kabupaten Mukomuko. Namun dalam pelaksanaannya, hanya beberapa sekolah yang mengirim utusan peserta.

‘’Untuk sekolah SD semuanya kita minta untuk mengirim pesertanya. Namun yang hadir mengirim utusan peserta hanya berjumlah puluhan orang. Mungkin ini menjadi bahan evaluasi ke depan,’’ imbuhnya.  

BACA JUGA:Pemerintah Turunkan Nilai Pajak Parkir Menjadi 10 Persen, Mulai Berlaku 2024

Pelaksanaan kegiatan lomba bertutur ini mendapat apresiasi dari Pemkab Mukomuko. Bupati Mukomuko, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Haryanto, SKM menyampaikan, pihaknya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yang telah menyelenggarakan kegiatan lomba bertutur. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting diadakan dan dijadikan dalam agenda tahunanan. 

‘’Kegiatan ini penting, dalam rangka menumbuhkembangkan kegemaran anak untuk membaca. Menambah wawasan anak, juga menambah mental anak dalam berkompetisi berbicara di depan khalayak. Karena ini cukup bagus, kita tumbuhkembangkan terus untuk ke depan. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak pesertanya,’’ ujar Haryanto.  

Di Kabupaten Mukomuko terdapat ratusan SD dan MI. Seyogianya, kegiatan ini bakal dihadiri ratusan peserta. Dikatakannya, jika masing-masing sekolah dapat mengirim minimal 1 orang perwakilan peserta, jumlah peserta secara otomatis akan mencapai angka ratusan orang.   

‘’Artinya, ini perlu berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan untuk mengarahkan SD-nya maupun MI untuk mendaftarkan menjadi peserta lomba,’’ paparnya.  

BACA JUGA:Rumah Adat Dikebut, Belasan Paket Proyek Belum Berjalan, PUPR Tetap Optimis

Tak kalah penting, Haryanto juga mengucapkan apresiasi kepada dewan guru dan peserta. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dalam rangka pengembangan diri. 

Kategori :