Wajar Pesantren Al Zaytun Bisa Terbesar di Asia Tenggara, Sumbangan Jamaah Mencapai 14 M

Kamis 08-06-2023,08:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi RM
Editor : Ahmad Kartubi

RADARMUKOMUKO.COM - Dibalik megahnya bangunan yang dimiliki oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Indramayu ini, ternyata menyingkap fakta yang mencengangkan. Dimana, Ponpes Al-Zaytun Indramayu ternyata sering mendapat bantuan dari sejumlah pejabat.

Tak hanya dari pejabat di negeri ini, Ponpes Al-Zaytun Indramayu juga sering mendapatkan sumbangan dari para orang tua santri. Sumbangan yang diberikan juga tidak main-main, yakni seekor sapi yang diberikan kepada pihak pesantren.

BACA JUGA:Ini Dana Ponpes Al Zaytun Hingga Menjadi Pondok Pesantren Terbesar di Asia Tenggara

BACA JUGA:Di Mahad Al Zaytun, Syekh Panji Gumilang Ungkap Sabda Ronggowarsito Soal Zaman Edan

Menurut dari berbagai sumber  untuk masuk ke Ponpes Al-Zaytun Indramayu biayanya tidak murah. Para santri diwajibkan untuk memberikan sumbangan kepada pihak pesantren, yang bertujuan untuk pengembangan Ponpes Al-Zaytun Indramayu.

"Nggak mudah untuk masuk ke Al-Zaytun ini, terbilang  mahal. Santri juga harus membeli sapi sebagai tabungan," ungkap salah seorang sumber.

Tak heran jika sekarang ini peternakan yang dimiliki Ponpes Al-Zaytun Indramayu sangat terkenal. Karena sapi-sapi di Ponpes Al-Zaytun sangat banyak dan terus bertamabah.

Belum lahi di ponpes AL- Zaytun  banyak anak pejabat yang menjadi nyantri. Kemudian, banyak pula anak-anak dari pejabat salah satu perusahaan BUMN," terangnya lagi.

Pondok Pesantren Al Zaytun atau sering di sebut dengan Ma’had Al Zaytun yang baru-baru ini selalu ramai menjadi perbincangan publik ternyata merupakan ponpes terbesar se-Asia Tenggara.

BACA JUGA:14 Suku Asli Aceh, Diantaranya Berhubungan Erat Dengan Suku Minang, Batak Hingga Nias

BACA JUGA:12 Suku Asli Provinsi Sumatera Selatan dan Keunikannya yang Perlu Diketahui

Ponpes Al Zaytun menjadi Ponpes terbesar di Asia Tenggara yang di kemukakan oleh salah satu media luar negeri  Washington Times tercatat pada  tahun 2005..

Pondok pesantren yang terletak di Indramayu, Jawa Barat ini terkenal dengan berbagai kontroversi aktivitas dan pernyataan-pernyataan oleh pemimpinnya.

Berdiri di atas lahan seluas 1.200 hektare, Pondok pesantren Al Zaytun di lengkapi dengan bangunan-bangunan yang megah.

Bahkan masjid yang ada di Pondok Pesantren Al Zaytun menjadi bangunan tertinggi ketiga yang ada di Dunia.

Kategori :