Aksi Demo Buruh Dikawal Ketat Polres Mukomuko, Pemkab dan Dewan Janjikan Ini

Senin 01-05-2023,17:37 WIB
Reporter : Amris
Editor : Amris

Menyikapi dua aksi dan tuntutan dari kaum buruh tersebut, selain menyambut baik kedatangan buruh yang menggelar aksi baik dengan cara dengar pendapat maupun aksi unjuk rasa di jalan, Pemkab dan DPRD juga kompak untuk isu nasional akan disampikan ke pemerintah pusat sesuai kewenagan masing-masing. 

Bahkan, Pemkab Mukomuko sempat meminta buruh membentuk tim kecil untuk merumuskan poin-poin tuntutan baik isu nasional, terkhusus lagi isu lokal yang disepakati untuk diselesaikan bersama. 

"Apa yang disampikan rekan-rekan buruh, aspirasi yang disampikan hari ini oleh saudara-saudara, kami tampung, kami tindak lanjuti dan kami raptkan dengan OPD terkait," kata Wakil Bupati, Wasri di tengah kerumunan massa. 

"Sekarang silahkan kawan-kawan bentuk tim kecil, kita rumuskan apa poin prioritas yang ingin dituntskan di ruangan. Perwakilan saja, bentuk tim kecil," ajak Sekda, Dr. Abdiyanto kemudian disetujui pengunjuk rasa. 

Sementara, Ketua DPRD Mukomuko, M. Ali Saftaini saat dikonfirmasi usai aksi menyampaikan, secara kelembagaan pihaknya akan menyampaikan tuntutan buruh ini ke pemerintah pusat. 

BACA JUGA:Peringatan Hari Buruh, Berikut Sejarahnya

Ali sepakat dengan isu yang diusung oleh aksi buruh di daerah ini. Menurutnya juga, UU Nomor 6 Tahun 2023 ini, mendorong upah murah bagi buruh serta bisa menjadi cela bagi perusahaan mengabaikan hak pekerja.

"Harus saya katakan ucapan terimakasih kepada massa aksi hari ini yang telah berjuang untuk kepentingan semua buruh. Saya setuju dengan isi tuntutan. Karena memang perlu diperjuangkan. Secara kelembagaan kamu akan meneruskan muatan dari tuntutan buruh di Mukomuko ini," sampainya. 

Kedua aksi buruh di Mukomuko ini berjalan aman dan tertib. Ratusan petugas pengamanan dari Kepolisian, TNI, Satpol-PP dan Dinas Perhubungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan aksi. 

"Alhamdulillah, seluruh aksi berjalan aman dan tertib. Saya sampaikan terimakasih kepada pasukan pengaman dari Polres, Kodim, Satpol-PP maupun Perhubungan. Terimakasih juga kepada kawan-kawan buruh yang sudah menggelar aksi dengan aman dan tertib," sampai Kapolres Mukomuko, AKBP. Nuswanto, SH., S.Ik., MH.*

Kategori :