Waspada Serangan Penyakit Sapi Ngorok, PDHI: Penyakit SE Berbahaya Bisa Menyebabkan Ternak Mati

Waspada Serangan Penyakit Sapi Ngorok, PDHI: Penyakit SE Berbahaya Bisa Menyebabkan Ternak Mati

Waspada Serangan Penyakit Sapi Ngorok, PDHI: Penyakit SE Berbahaya Bisa Menyebabkan Ternak Mati--Sumber Foto : Ibnu Rusdi/RMOnline.id

“Vaksin dan obatnya tersedia, gratis di Puskeswan pada jam kerja. Tapi kalau sudah di luar jam kerja harus membayar pelayanan,” ungkapnya.

Sementara itu berdasarkan data ketersediaan vaksin ngorok, pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu sudah menyalurkan 1.000 dosis untuk Kabupaten Kaur, 500 dosis untuk Bengkulu Selatan dan 500 dosis untuk Seluma.

Vaksin ini diharapkan bisa mengakomodir seluruh ternak di wilayah Bengkulu yang populasinya terdata 15.168 ekor kerbau, 116.151 ekor sapi potong dan 86 ekor sapi perah.

BACA JUGA:Anggaran Bantuan Sarpras Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mukomuko 2025 Naik Signifikan

BACA JUGA:SK Kakak Pjs Bupati Sebagai Ketua Dewan Mukomuko Selesai, Senin Pelantikan

Disisi lain, Yeni Misra menmyampaikan, penyebaran penyakit sapi ngorok yang menyerang ternak sapi dan kerbau milik warga telah terjadi di 3 daerah, Kabupaten yakni Kaur, Bengkulu Selatan dan Kepahiang dalam dua bulan terakhir terus mengalami penambahan.

‘’Data terhimpun dari Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Provinsi Bengkulu, hingga minggu kemarin telah ditemukan 865 ekro ternak tertulang penyakit ngorok. 

Penyakit sapi ngorok ini tersebar di Kabupaten Kaur 764 ekor terdiri dari 550 ekor kerbau dan 214 ekor sapi, di Kabupaten Bengkulu Selatan terdapat 100 ekor terdiri dari 93 ekor sapi dan 7 ekor kerbau sementara di Kabupaten Kepahiang terdapat 1 ekor kerbau.

‘’Akibat penyebaran penyakit tersebut bahkan tercatat sudah 177 ekor ternak yang mati,’’ demikian Yeni Misra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: