Sering Dianggap Biasa! Tanda-tanda Ini bisa Jadi Gejala Awal Kanker Getah Bening

Sering Dianggap Biasa! Tanda-tanda Ini bisa Jadi Gejala Awal Kanker Getah Bening

Sering Dianggap Biasa! Tanda-tanda Ini bisa Jadi Gejala Awal Kanker Getah Bening--Sumber Foto : Pexels

RMONLINE.ID - Kanker kelenjar getah bening, juga dikenal sebagai limfoma, adalah jenis kanker yang menyerang sistem limfatik tubuh. 

Sistem ini berperan penting dalam melawan infeksi dan penyakit. Mengenali gejala-gejala awal kanker kelenjar getah bening sangat penting untuk diagnosis dan pengobatan dini. 

Berikut ini adalah penjelasan mendalam tentang lima gejala utama yang perlu diwaspadai:

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Gejala yang paling umum dan mudah dikenali dari kanker kelenjar getah bening adalah pembengkakan pada satu atau lebih kelenjar getah bening. 

BACA JUGA:Begini Cara Mencegah dan Mengatasi Fenomena Doom Spending di Kalangan Anak Muda Sekarang

BACA JUGA:Penyebab Gen Z Bakalan Miskin! Dampak dari Fenomena Doom Spending

Pembengkakan ini biasanya tidak disertai rasa sakit dan terasa keras saat disentuh. Lokasi pembengkakan yang paling sering terjadi seperti ketiak, leher dan selangkangan.

2. Demam

Demam yang persisten dan tidak dapat dijelaskan penyebabnya bisa menjadi salah satu gejala kanker kelenjar getah bening. 

Demam pada kanker kelenjar getah bening biasanya merupakan hasil dari respons imun tubuh terhadap sel-sel kanker atau bisa juga disebabkan oleh pelepasan zat-zat tertentu oleh sel kanker itu sendiri.

3. Penurunan Berat Badan secara Drastis

Penurunan berat badan yang tidak disengaja dan terjadi secara drastis merupakan gejala yang sering terjadi pada berbagai jenis kanker, termasuk kanker kelenjar getah bening. 

Penurunan berat badan ini terjadi karena sel-sel kanker mengonsumsi energi dalam jumlah besar, sementara pada saat yang sama mengganggu metabolisme normal tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: