Sudah Tau Belum? Ternyata Ini Kepanjangan dari WC

Sudah Tau Belum? Ternyata Ini Kepanjangan dari WC

Sudah Tau Belum? Ternyata Ini Kepanjangan dari WC--Sumber Foto : Tribun

RMONLINE.ID - Kamu pasti sering mendengar istilah WC saat mengunjungi tempat umum seperti mal, restoran, atau kantor. Tapi, sudah tahukah kamu apa sebenarnya kepanjangan dari WC

Ternyata, WC merupakan singkatan dari "Water Closet", yang berasal dari bahasa Inggris. Istilah ini pertama kali digunakan pada abad ke-19 untuk menyebut ruang kecil di dalam rumah atau gedung yang digunakan untuk keperluan buang air dan membersihkannya menggunakan air.

BACA JUGA:Tertarik untuk Ikut Kegiatan Volunteer? Begini Cara Memilih Volunteer Sesuai Minat

BACA JUGA:Dinas PUPR Cek Kesiapan Pembangunan 5 Ruas Jalan Anggaraan 2025

Sebelum ada WC seperti yang kita kenal sekarang, buang air besar dan kecil biasanya dilakukan di tempat terbuka, seperti di belakang rumah, sungai, atau area lapang. Cara ini tentu saja tidak higienis dan menjadi sumber penyebaran penyakit. 

Revolusi besar dalam bidang sanitasi terjadi ketika WC ditemukan dan diperkenalkan ke masyarakat luas. Sistem ini memungkinkan kotoran dibersihkan dengan air, menjadikannya lebih bersih dan ramah lingkungan.

BACA JUGA:Jajanan Tradisional yang Manis dan Renyah! Begini Cara Membuat Sale Pisang

BACA JUGA:Membuka dan Mengembangkan Skill Coding! Tips dan Trik Bagi Pemula yang Ingin Belajar Coding

WC modern pertama kali dikembangkan pada tahun 1596 oleh Sir John Harrington, seorang penulis dan insinyur asal Inggris. Namun, sistem pembilasan atau flush yang kita kenal sekarang baru diperkenalkan pada tahun 1775 oleh Alexander Cummings, yang merancang mekanisme pembuangan air untuk membawa limbah keluar dari bangunan ke saluran pembuangan.

WC dan Perkembangannya di Berbagai Negara

Meskipun istilah WC berasal dari Inggris, istilah ini banyak digunakan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Di negara-negara berbahasa Inggris, istilah lain yang sering digunakan adalah "toilet," "restroom" di Amerika, atau "loo" di Inggris. 

Di negara-negara lain seperti Prancis dan Jerman, istilah Water Closet diterjemahkan menjadi "Wasser Kloset", yang memiliki arti yang sama.

Di Indonesia, WC sering juga disebut "kamar kecil" atau "toilet." Namun, di beberapa tempat, seperti di fasilitas umum atau area formal, istilah WC masih sering digunakan. 

Meski istilah ini tampak sederhana, keberadaan WC merupakan langkah maju besar dalam menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat secara global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: