Bagaimana Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja? Ini Jawaban Ahli

Bagaimana Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja? Ini Jawaban Ahli

Bagaimana Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja? Ini Jawaban Ahli--Sumber Foto : Halodoc

Terkadang, pekerjaan yang menumpuk membuat pekerja lupa untuk beristirahat. Padahal, istirahat sangat penting untuk memulihkan tenaga dan pikiran. 

Mengambil jeda singkat, seperti berjalan-jalan di luar ruangan atau melakukan meditasi singkat, bisa sangat membantu untuk menyegarkan pikiran. 

Beberapa ahli juga menyarankan untuk memanfaatkan waktu liburan agar pekerja dapat benar-benar memulihkan kondisi mental mereka.

Lingkungan kerja yang toxic dapat memperparah stres. Misalnya, adanya gosip, drama, atau bahkan bullying di tempat kerja bisa mempengaruhi kondisi mental pekerja, meskipun mereka bukan target utamanya. 

Oleh karena itu, penting bagi setiap pekerja untuk menciptakan suasana kerja yang positif, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Dengan membangun komunikasi yang sehat dan positif, stres dapat diminimalkan dan lingkungan kerja menjadi lebih nyaman.

Jika stres di tempat kerja sudah sangat mengganggu, berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental mungkin bisa menjadi solusi terbaik. 

Terapi atau konseling dapat membantu memberikan strategi untuk menghadapi stres, serta memberi cara untuk mengatur emosi dan hubungan di tempat kerja. 

Beberapa pekerja juga bisa mendapatkan manfaat dari mengikuti pelatihan atau seminar yang relevan dengan pekerjaan mereka, untuk meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: