Tahukah Kalian Bahwa Daun Tapak Dara Punya Banyak Manfaat? Ini Dia Manfaatnya

Tahukah Kalian Bahwa Daun Tapak Dara Punya Banyak Manfaat? Ini Dia Manfaatnya

Tahukah Kalian Bahwa Daun Tapak Dara Punya Banyak Manfaat? Ini Dia Manfaatnya--Sumber Foto : Tokopedia

RMONLINE.ID - Tapak dara (Catharanthus roseus) merupakan tanaman hias yang juga dikenal memiliki berbagai khasiat pengobatan tradisional. 

Tumbuhan berbunga ini termasuk dalam keluarga Apocynaceae dan telah lama dimanfaatkan dalam pengobatan herbal di berbagai belahan dunia. 

Mari kita telusuri beberapa manfaat utama dari daun tapak dara yang telah dikenal luas.

Menjaga Kadar Gula Darah

Salah satu khasiat paling terkenal dari daun tapak dara adalah potensinya dalam membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. 

BACA JUGA:Tidak Perlu Jauh-jauh, Berikut Cara Membuat Chicken Kabouli Khas Oman yang Nikmat di Rumah

BACA JUGA:Memiliki Aroma yang Menggugah Selera dan Rasa yang Gurih, Resep Canh Ga Chien Nuoc, Makanan Vietnam yang Halal

Kandungan alkaloid dalam tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan produksi insulin dan membantu penyerapan glukosa, sehingga berpotensi membantu mengatur kadar gula darah. Meskipun demikian, penggunaannya harus tetap di bawah pengawasan profesional kesehatan.

Mencegah Resiko Kanker

Penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa daun tapak dara memiliki senyawa yang berpotensi sebagai antikanker dan antitumor. 

Vinkristin dan vinblastin, dua senyawa yang ditemukan dalam tanaman ini, telah dikembangkan menjadi obat-obatan untuk mengobati berbagai jenis kanker. 

Meski begitu, penggunaan langsung tanaman ini untuk pengobatan kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut dan harus dilakukan di bawah pengawasan medis.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Banh Khot, Makanan Khas Vietnam yang Sederhana

BACA JUGA:5 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu Seorang Esktrovert Aktif yang Penuh Semangat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: