Benarkah Orang Cerdas Lebih Berisiko Stroke di Usia Muda? Berikut Hubungan IQ dan Risiko Stroke

Benarkah Orang Cerdas Lebih Berisiko Stroke di Usia Muda? Berikut Hubungan IQ dan Risiko Stroke

Benarkah Orang Cerdas Lebih Berisiko Stroke di Usia Muda? Berikut Hubungan IQ dan Risiko Stroke-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID – Stroke identik dengan penyakit yang menyerang orang tua. Namun, tak jarang pula terjadi pada usia muda. Hal ini tentunya menjadi kekhawatiran banyak orang. Salah satu faktor risiko Stroke yang mungkin tak terduga adalah tingkat kecerdasan atau IQ. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan IQ tinggi memiliki risiko stroke lebih tinggi dibandingkan mereka dengan IQ rata-rata. 

Studi yang dilakukan di Finlandia ini melibatkan lebih dari 1 juta orang berusia 25 hingga 64 tahun. Hasilnya, mereka dengan IQ tinggi (130 atau lebih) memiliki risiko stroke 23% lebih tinggi. 

BACA JUGA:Tidak Hanya Menyebabkan Resiko Diabetes, Inilah Dampak Lain Mengonsumsi Teh Manis Berlebihan

BACA JUGA:Tidak Hanya Membuat Makanan menjadi Nikmat, Inilah Manfaat Santan Bagi Kesehatan Tubuh

Temuan ini tentu menimbulkan pertanyaan: Mengapa orang cerdas lebih rentan terkena stroke di usia muda? Benarkah kecerdasan menjadi faktor penentu? 

Para peneliti masih terus berusaha mencari jawaban atas pertanyaan ini. Namun, beberapa kemungkinan penjelasan telah diajukan, di antaranya:

1. Gaya hidup: Orang dengan IQ tinggi cenderung memiliki gaya hidup kurang sehat, seperti merokok, kurang berolahraga, dan mengonsumsi makanan tidak seimbang. Faktor-faktor ini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke.

2. Tekanan darah tinggi: Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama stroke. Orang dengan IQ tinggi lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi karena stres dan beban kerja yang lebih besar.

3. Diabetes: Diabetes juga meningkatkan risiko stroke. Orang dengan IQ tinggi lebih mungkin memiliki pola makan tidak sehat dan kurang berolahraga, yang dapat meningkatkan risiko diabetes.

4. Kolesterol tinggi: Kolesterol tinggi dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko stroke. Orang dengan IQ tinggi lebih mungkin memiliki kolesterol tinggi karena faktor gaya hidup.

BACA JUGA:Selain Terlihat Arogan, Inilah Penyakit Akibat Terlalu Sering Marah-marah

BACA JUGA:Bukan Hanya Daging Buahnya Bijinya juga Bermanfaat Bagi Kesehatan, Ini Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan

5. Depresi: Depresi dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke. Orang dengan IQ tinggi lebih rentan mengalami depresi karena stres dan tuntutan hidup yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: