Makin Canggih! Apple Rilis Fitur Eye Tracking di iOS 18, Bisa Kendalikan Layar Tanpa Disentuh

Makin Canggih! Apple Rilis Fitur Eye Tracking di iOS 18, Bisa Kendalikan Layar Tanpa Disentuh

Makin Canggih! Apple Rilis Fitur Eye Tracking di iOS 18, Bisa Kendalikan Layar Tanpa Disentuh-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Apple kembali mengejutkan dunia teknologi dengan inovasi terbarunya. Kali ini, raksasa teknologi asal Cupertino tersebut merilis fitur eye tracking pada iOS 18

Fitur ini memungkinkan pengguna mengendalikan layar perangkat mereka hanya dengan menggunakan gerakan mata. Benar-benar seperti teknologi masa depan yang selama ini kita lihat di film-film fiksi ilmiah!

Eye tracking adalah teknologi yang mampu mendeteksi dan mengikuti gerakan mata pengguna. Dengan memanfaatkan sensor khusus dan kamera depan, perangkat mampu mengetahui ke mana pengguna sedang melihat. 

Teknologi ini kemudian diterjemahkan ke dalam perintah tertentu pada perangkat, seperti membuka aplikasi, menggulir halaman, atau bahkan mengetik.

BACA JUGA:Internet Cepat atau Pengintai Cerdas? Ini Polemik dari Satelit Starlink yang Belum Banyak Diketahui

BACA JUGA:Apple Janjikan Ke Pengguna Bakal Dapat Update iPhone Selama 5 Tahun!

Apple telah mengembangkan teknologi ini dengan sangat cermat. Pada iOS 18, fitur eye tracking memanfaatkan kamera TrueDepth yang sudah ada pada perangkat seperti iPhone dan iPad terbaru. Kamera ini, yang sebelumnya digunakan untuk Face ID dan Animoji, kini memiliki fungsi tambahan.

Setelah mengaktifkan fitur eye tracking, pengguna dapat mengarahkan pandangan ke ikon atau menu tertentu di layar. Sensor akan menangkap titik fokus mata pengguna dan menerjemahkannya sebagai perintah. 

Misalnya, dengan menatap ikon aplikasi tertentu selama beberapa detik, aplikasi tersebut akan terbuka. Untuk menggulir halaman, pengguna cukup melihat ke arah bawah atau atas layar.

Fitur eye tracking ini membawa sejumlah manfaat dan kegunaan praktis. Pertama, tentu saja memudahkan aksesibilitas bagi pengguna dengan keterbatasan fisik. Mereka yang kesulitan menggunakan tangan untuk mengoperasikan perangkat kini dapat mengandalkan gerakan mata.

BACA JUGA:3 Cara Membersihkan Cache di Laptop Supaya Ngga Lemot

BACA JUGA:Yuk Kenalan Sama Rabbit R1, Gagdet AI Mungil yang Bisa Melakukan Apa Saja

Selain itu, fitur ini juga meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi pengguna umum. Bayangkan saat sedang makan atau memasak, pengguna tetap bisa menjawab pesan atau melihat resep tanpa harus menyentuh layar ponsel. 

Bahkan saat membaca artikel panjang, kamu bisa menggulir halaman tanpa perlu menyentuh layar, cukup dengan melihat ke arah bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: