Perbedaan Antara Baking Soda dan Baking Powder, Dua Bahan yang Sering Dijadikan Bahan Kue Lebaran

Perbedaan Antara Baking Soda dan Baking Powder, Dua Bahan yang Sering Dijadikan Bahan Kue Lebaran

Perbedaan Antara Baking Soda dan Baking Powder, Dua Bahan Makanan yang Sering Dijadikan Bahan Kue Lebaran-Ilustrasi -Berbagai Sumber

Pada dasarnya, soda kue secara alami memiliki sifat basa. Saat kamu menggabungkan dengan bahan asam dan cairan, sifat kimia dari bahan ini dapat aktif. 

Alhasil, makanan mengembang dan menjadi ringan serta lembut. Maka dari itu, beberapa makanan perlu menggunakan bahan asam untuk mengaktifkan efek ini.

Sementara itu, baking powder atau bubuk pengembang tidak sepenuhnya terbuat dari sodium bikarbonat. 

Pengolahan bahan ini berlangsung dengan tambahan beberapa zat lain, yaitu penstabil lembam. Adanya kandungan tersebut membuat bubuk ini memiliki rasa yang lebih asam.

Berbeda dengan soda kue, bubuk pengembang mengandung zat ragi lengkap dengan kandungan basa dan asam.

BACA JUGA:4 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan Jika Menikah dengan Seorang Intovert

BACA JUGA:3 Cara Mudah Menyikapi Anak yang Manja, Jangan Gunakan Amarah!

Semuanya perlu agar makanan dapat mengembang dengan sempurna.

Bubuk pengembang juga mengandung tepung jagung. Bahan ini berfungsi mencegah aktivasi sifat asam dan basa selama proses penyimpanan.

 Selain itu, bahan ini juga bereaksi dengan air dan bahan asam yang melepas karbon dioksida setelah bercampur dengan cairan.

Saat mencampurkan bahan pengembang dalam resep makanan, kandungannya akan menciptakan dua reaksi yang terpisah. Hal itu terjadi saat kamu mencampurnya pada cairan bersuhu ruangan atau panas.

Sementara itu, pada jenis makanan tertentu, reaksi ini dapat menguntungkan. Sebab, perkembangan ragi tidak terjadi sekaligus, sehingga menghasilkan bentuk yang sesuai dengan keinginan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: