Libur Lebaran di Sumatera Barat, Kenali Dulu 5 Titik Jalan Berbahaya Ini

Libur Lebaran di Sumatera Barat, Kenali Dulu 5 Titik Jalan Berbahaya Ini

Libur Lebaran di Sumatera Barat, Kenali Dulu 5 Titik Jalan Berbahaya Ini-Istimewa-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Sumatera barat (Sumbar) atau ranah minang menjadi tujuan liburan banyak orang dari berbagai daerah di Sumatera khususnya. 

Wajar, karena minangkabau dikenal dengan alamnya yang indah dan sejuk, sehingga banyak lokasi wisata yang bisa dinikmati saat libura, termasuk libur lebaran idul fitri yang akan segera datang.

Namun perlu berhati-hati karena banyak jalan di wilayah Sumbar rawan longsor dan dikenal ekstrim. Namun demikian jalan-jalan ini bikin penasaran banyak orang, hingga para pengendara sangat ingin menjajalnya.

Tidak jarang jalan ini menyebabkan kecelakaan, terutama bagi kendaraan angkutan seperti truck atau fuso yang membawa muatan berat.

Merujuk dari beberapa sumber, berikut diantatra jalan dan tanjakan yang dikenal ekstrim di Sumatera Barat:

Jalan Kelok Sembilan

Mungkin banyak orang mengenal kelok sembilan sebagai lokasi wisata yang harus didatangi saat berlibur ke Payakumbuh atau Kabupaten 50 Kota. Karena kelok seblum berdekatan dengan wisata lembah harau.

Jangan salah kelok sembilan yang merupakan jembatan Layang di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota termasuk jalur ekstim. 

BACA JUGA:Ini Pandangan Ulama, Menghirup Asap Rokok Secara Tidak Sengaja Apakah Puasanya Batal

BACA JUGA:5 Keutamaan Nuzul Quran Bersamaan Malam Laitul Qodar

Jalan ini menghubungkan Sumbar dengan Riau. Jalannya berupa tikungan yang ekstrim dan rawan longsor, terutama pada saat hujan deras.

Jalam kelok Sembilan adalah enam jembatan dengan lebar 13,5 meter dengan ditopang pilar setinggi sekitar 60 meter di atas permukaan jalan di bawahnya.

Jalan ini dikelilingi bebukitan hijau yang menghasilkan udara menyejukkan dan pemandangan menakjubkan, maka menjadi salah satu tujuan wisata yang kerap didatangi.

Jalan Tanjakan Sitinjau Lauik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: