Resep Celimpungan Khas Palembang dengan Kuah Santan yang Gurih dan Lezat

Resep Celimpungan Khas Palembang dengan Kuah Santan yang Gurih dan Lezat

Resep Celimpungan Khas Palembang dengan Kuah Santan yang Gurih dan Lezat-Ilustrasi -Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Palembang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan banyak makanan khasnya, selain pempek ternyata ada satu makanan khas Palembang yang juga tak kalah enak yaitu celimpungan.

Celimpungan merupakan makanan yang juga diolah menggunakan bahan dasar ikan, proses pembuatannya pun hampir mirip dengan pempek, hanya saja keduanya beda dibagian kuahnya, jika pempek menggunakan cuko sebagai pelengkapnya berbeda dengan celimpungan yang menggunakan kuah santan.

Kuah santan yang dibuat kental dengan tambahan rempah seperti kunyit, cengkeh, ketumbar, kemiri dan lain-lain ini memberikan segi warna yang mirip dengan kuah lontong sayur, aromanya yang dihasilkan cukup kuat apalagi saat celimpungan disantap dengan sambal merah.

BACA JUGA:Sempat Hiatus Selama 2.5 Tahun, Lucas Wong SuperM Comeback Jadi Solois

BACA JUGA:Makin Modern! Inilah Sejumlah Idol K-Pop yang Menggunakan Konsep Virtual atau Kecanggihan AI

Untuk isian celimpungan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pempek, pada celimpungan pentol di dalamnya lebih mirip dengan tekwan namun berukuran lebih besar, untuk tekstur tentunya lembut dan juga kenyal.

Di daerah Palembang biasanya celimpungan sering dijadikan menu saat sarapan ataupun hidangan saat adanya hajatan. Penasaran gak sama rasanya? Langsung saja yuk kita buat, dikutip dari berbagai sumber ini dia resep dan cara membuat celimpungan khas Palembang:

Bahan-bahan:

Bahan isian:

• 500 gr daging ikan tenggiri

• 300 ml air

• 1 sdt garam

• 300 gr tepung sagu

• 2 butir telur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: