Wisata Lembah Harau Terendam Banjir Parah, Kondisinya Begini

Wisata Lembah Harau Terendam Banjir Parah, Kondisinya Begini

Wisata Lembah Harau Terendam Banjir Parah, Kondisinya Begini--

RADARMUKOMUKO.COM - Objek wisata lembah harau, merupakan salah satu lokasi wisata yang harus didatangi saat berkunjung ke Kota Payakumbuh Sumatera Barat.

Namun, ada kabar buruk dari salah satu objek lokasi wisata terbaik Indonesia ini, dimana lembah harau sekarang alami banjir yang cukup parah, dampak dari tingginya curah hujan.

Penampakan bajir yang melanda wilayah ini tengah viral di emdia sosial, terutama tiktok. Dalam video yang beredar, tampak air menggenangi kawasan lembau harau, bahkan beberapa bangunan wisata dan bangunan penduduk yang ada di lokasi ini terendam hingga 1 meter.

BACA JUGA:Filosofi Burung Peliharaan Perkutut Katurangga Pangeran Diponegoro di Eropa Tidak Ada

Melansir dari berbagai sumber online salah satunya harianhaluan.com, banjir terjadi sejak pagi tadi Senin 18 Desember 2023. 

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lima Puluh Kota banjir terjadi di kawasan Aka Barayun, Jorong Padang Tarok, Kenagarian Harau, Kecamatan Harau. 

Banjir itu terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi pada Sabtu malam 18 Desember hingga Senin, 19 Desember 2023.

BACA JUGA:BLT-DD Masih Menjadi Fokus Penggunaan Dana Desa, Ini Kriteria Penerima 2024

Informasi lainnya menerangkan, banjir tak hanya terjadi di Kecamatan Harau, namun juga di beberapa kecamatan lainnya. Tak hanya banjir, longsor juga terjadi di beberapa titik di Payakumbuh atau Kabupaten 50 Kota.

Untuk diketahui, Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.  

BACA JUGA:Laboratorium Lingkungan Dinas LH Mukomuko Mulai Dilirik Pemangku Kepentingan

Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 meter hingga 300 meter.  

Dilembah harau, pengunjung biasanya, bisa melakukan berbagai aktivitas, sepertu hiking, camping, berenang, atau sekedar bersantai dibawah pepohonan. Harau Valley berjarak sekitae 15 km dari Kota Payakumbuh.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: