Kebiasaan Habibie yang Perlu Ditiru Terutama No 7, Supaya Ilmu Jadi Berkah

Kebiasaan Habibie yang Perlu Ditiru Terutama No 7, Supaya Ilmu Jadi Berkah

Kebiasaan Habibie yang Perlu Ditiru Terutama No 7, Supaya Ilmu Jadi Berkah--

RADARMUKOMUKO.COM - Bj Habibie, presiden ketiga Republik Indonesia yang menggantikan Soeharto pada tahun 1998, adalah salah satu pemimpin negara yang menginspirasi banyak orang. 

Beliau memiliki banyak kebiasaan yang mencerminkan sifat-sifat mulia dan khusyuknya sebagai pemimpin. 

BACA JUGA:Lapu-Lapu, Pemimpin Islam yang Melawan Penjajahan Spanyol di Mactan

Beberapa kebiasaan Bj Habibie yang bisa dijadikan contoh oleh kita adalah sebagai berikut:

1. Bj Habibie sangat produktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Beliau adalah seorang ahli di bidang penerbangan dan dirgantara, yang berhasil menciptakan pesawat terbang pertama buatan Indonesia, yaitu N-250 Gatotkaca. 

Beliau juga mendirikan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Pusat Teknologi Industri Dirgantara (PTDI) untuk mengembangkan industri penerbangan nasional.

2. Bj Habibie sangat peduli dengan pendidikan dan penelitian. Beliau adalah seorang sarjana yang berprestasi, yang meraih gelar doktor di bidang teknik mesin dari Institut Teknologi Aachen, Jerman, pada usia 24 tahun. Beliau juga mendirikan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai pusat pendidikan dan penelitian di bidang teknik.

3. Bj Habibie sangat berani dalam menghadapi tantangan dan risiko. Beliau adalah seorang pemimpin yang berani mengambil keputusan yang sulit, seperti mengundurkan diri dari jabatan menteri riset dan teknologi pada tahun 1998 untuk menentang kebijakan Orde Baru. 

Beliau juga berani mengeluarkan keputusan politik yang kontroversial, seperti memberikan referendum bagi rakyat Timor Timur untuk menentukan nasibnya sendiri.

4. Bj Habibie sangat peduli dengan keluarganya dan tidak suka melihat mereka menderita. Beliau sangat mencintai istrinya, Hasri Ainun Habibie, yang merupakan seorang dokter spesialis anak. 

BACA JUGA:Augustus Caesar: Pemimpin Dunia yang Membangun Kekaisaran Romawi yang Disegani Serta 8 Kebiasaannya

Beliau selalu memberikan perhatian dan dukungan kepada istrinya, bahkan ketika istrinya menderita kanker ovarium dan meninggal dunia pada tahun 2010. Beliau juga sangat sayang kepada kedua anaknya, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie, yang kini menjadi pengusaha dan politisi.

5. Bj Habibie sangat sabar dalam menghadapi kesulitan dan cobaan. Beliau tidak pernah marah atau putus asa ketika menghadapi masalah atau kritik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: