Hindari Kata ‘Um’, Begini Tips Berbicara di Depan Umum Dari Ahli Public Speaking Harvard

Hindari Kata ‘Um’, Begini Tips Berbicara di Depan Umum Dari Ahli Public Speaking Harvard

Hindari Kata ‘Um’, Begini Tips Berbicara di Depan Umum Dari Ahli Public Speaking Harvard--

RADARMUKOMUKO.COM - Terdapat banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar dapat tampil maksimal saat berbicara di depan umum.

Sederet tips pun muncul di internet dan dapat kamu temui sehingga kamu dapat melakukan public speaking dengan baik dengan sejumlah tips yang diberikan.

Salah satu kendala yang umum terjadi saat melakukan public speaking adalah seringkali menggunakan kata-kata ragu atau filler word seperti 'um', 'err', 'okay' dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Munculnya Pendusta yang Mengaku Utusan Allah, Tanda Akhir Zaman yang Harus Diwaspadai

Kata-kata tersebut harus dihindari karena dapat mengganggu dan membuat kita terlihat kurang percaya diri.

Seorang ahli dalam bidang leadership communication Harvard University bernama Stephen D. Cohen memberikan tips untuk menghindari kata-kata tersebut.

1. Ketahui alasan mengapa kita sering menyebut kata tersebut

Menyimpan kata-kata filler words dalam percakapan sehari-hari sudah menjadi kebiasaan.

Namun, saat kita berbicara di depan umum sangat dianjurkan untuk tidak mengatakannya agar audien dapat fokus pada pesan yang ingin kamu sampaikan.

Namun sayang, karena kita sudah mengenal dan menggunakan kata-kata tersebut sejak dini, sehingga sangat sulit bagi kita untuk melupakan kebiasaan tersebut.

Cohen menjelaskan biasanya seseorang akan mengeluarkan kata-kata filler words saat mereka sedang ragu untuk menjawab sesuatu.

BACA JUGA:Libur Nataru Ini 5 Objek Wisata Mukomuko dan Lintasan Arum Jeram Uji Adrenalin yang Masih Alami Mesti Dicoba

Umumnya, seseorang akan rawan menggunakan filler words di 2 momen, yaitu saat di awal pernyataan dan diantara pengungkapan dua ide.

Momen itulah seseorang akan dituntut untuk berpikir singkat sebelum membicarakan gagasan yang di verbalisasi dengan filler words.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: