Tahun Depan PUPR Usulkan Pembangunan Sambungan Air Bersih ke 2000 Pelanggan PDAM

Tahun Depan PUPR Usulkan Pembangunan Sambungan Air Bersih ke 2000 Pelanggan PDAM

Tahun Depan PUPR Usulkan Pembangunan Sambungan Air Bersih ke 2000 Pelanggan PDAM--

RADARMUKOMUKO.COM - Untuk pelayanan air bersih bagi masyarakat yang bersumber dari PDAM Tirta Selagan, Pemerintah Kabupaten Mukomuko, melalui Dinas Pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) pada 2024 mengajukan Dana Alokasi Khusus (DAK) air minum sebesar Rp 7,7 miliar. 

Adapun rencananya adalah pembangunan pipa sambungan rumah masyarakat dari pipa jaringan PDAM. Dengan anggaran sebanyak tersebut, minimal 2000 sambungan rumah bisa dibangun tahun depan.

Rencana realisasi kegiatan ini fokus di dua kecamatan, yaitu Kota Mukomuko dan Selagan Raya.

BACA JUGA:Pangan Murah Pemkab Diserbu Sebelum Layanan Resmi Dibuka, Bupati Mukomuko Ucapkan Takbir

Kepala Dinas PUPR Mukomuko, Apriansyah,ST,MT dihubungi, mengatakan usulan sejak lama sudah disampaikan, yaitu Rp 7,7 miliar guna membangun jaringan pelanggan air bersih di dua kecamatan. 

Sekarang dibahas seperti apa kesiapan dari daerah untuk mendukung merealisasikan program ini nantinya.

"Usulannya sudah lewat, kita ajukan untuk 2 kecamatan yaitu Selagan Raya dan Kota. Pembangunan pipa jaringan sudah selesai, sekarang usulannya untuk sambungan ke rumah-rumah, minimal 2000 pelanggan," kata Apriansyah dikutib dari radarmukomuko.bacakoran.co.

Dalam hal ini ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan atau redineskriteria, seperti gambar kondisi ketersediaan jaringan, sumber air dan kapasitas dari air yang berasal dari PDAM tersebut. Paling penting lagi kesiapan.

BACA JUGA:Camat Sungai Rumbai Ingatkan ASN dan Perangkat Desa Jangan Posting Poto Caleg di Medsos

Hampir sebagian dokumen sudah disiapkan, mana yang kurang juga segera dilengkapi. Ia yakin untuk kesiapan ini tidak ada kendala, karena Mukomuko memiliki fasilitas pendukung program tersebut. 

Juga ini sangat dibutuhkan masyarakat yang selama ini kendalanya pada sambungan rumah yang belum tersedia.

"Insyaallah semua kita siapkan, karena memang kapasitas sumber air yang kita miliki sudah memadai. Mudahan saja untuk minimal 2000 sambungan rumah ini bisa terealisasi," paparnya.

Lebih penting lagi adalah kesiapan dari masyarakat atau calon pelanggan air bersih itu sendiri. Ini harus dibuktikan dengan usulan, dokumen seperti kartu keluarga dan sebagainya. 

BACA JUGA:Program Subsidi Kabel Listrik Pemkab Mukomuko Start 2024, Sasaran Warga Kurang Mampu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: