Caleg Harus Tahu Tips Memenangi Pemilu 2024, Nomor 7 Kunci Kemenangan Harus Dilakukan

Caleg Harus Tahu Tips Memenangi Pemilu 2024, Nomor 7 Kunci Kemenangan Harus Dilakukan

Caleg Harus Tahu Tips Memenangi Pemilu 2024, Nomor 7 Kunci Kemenangan Harus Dilakukan--

Setiap caleg harus paham dengan daerah Dapilnya sebagai kontrol dalam melakukan kampanye. Termasuk memahami kondisi wilayah dan masyarakatnya. Caleg akan kesulitan menghadapi masyarakat jika pengetahuan soal darpilnya sendiri kurang. 

Kondisi yang ada di Dapil bisa menjadi bahan kampanye untuk menarik perhatian pemilih. Contoh kondisi jalan, infrastruktur yang harus diperjuangkan dan sebagainya. Selain itu caleg wajib tahu kondisi dan tipe kehidupan masyarakat di Dapilnya, sehingga materi kampanye bisa disesuaikan. Akan jadi lucu caleg bahas masalah sawah, sementara di daerah tersebut tidak ada sawah. Maka harus paham dengan dapilnya.

3. Silaturahmi

Caleh harus banyak melakukan silaturahmi dengan masyarakat, jika memungkinkan door to door lebih efektif. Caleg jangan memilih-milih masyarakat didatangi, karena siapapun orangnya, suaranya dihitung sama.

Bahkan rumah warga yang memasang poto caleg lain juga tidak masalah didatangi, bisa jadi program yang kita tawarkan lebih menarik dari caleg yang sudah datang lebih awal.

BACA JUGA:KPU Mukomuko Tetapkan 256 Caleg Sementara, Hanya 3 Parpol Miliki Calon Lengkap 25 Orang

BACA JUGA:Sungai Paling Jernih Berwarna Biru di Indonesia Yang Diyakini Dijaga Buaya Putih

4. Visi Misi

Visi misi sangat penting dan harus sejalan dengan kebutuhan daerah dan harapan masyarakat. Contoh di wilayah pertanian visi misi mengenai peningkatan akses jalan, di kawasan nelayan visi misi harus menyangkut kesejahteraan nelayan dan sebagainya.

5. Gunakan Bahasa Yang Tepat

Caleg harus menyesuaikan materi bahasa kampanye dengan orang yang sedang dihadapi. Contoh  saat depan petani bahasannya harus soal pertanian, depan pedagang bahas soal perdagangan dengan anak muda harus sesuai dengan selera muda-mudi dan sebagainya. Jangan sampai bicara dengan petani menggunakan bahasa tinggi dan bahas soal teknologi modern dan sebagainya. Kagak nyambung nanti.

6. Harus Terlihat Royal

Suka tidak suka caleg harus mengeluarkan kos politik walau sedikit. Saat kampanye minimal ada air minum dan rokok. Bahkan banyak caleg bagikan cindramata, seperti kaos, gelas, sendok, mainan kunci, hingga bagi sembako. Belum lagi banyak permohonan bantuan, usahakan walau sedikit dikabulkan. Tapi jangan juga memaksa diri.

7. Iklan

Caleg harus banyak mengiklankan diri, seperti pasang, baliho, spanduk dan sejenisnya. Bagusnya lagi iklan di televisi koran, media online dan media sosial. Karena banyak masyarakat yang memilih karena melihat iklan sosok tersebut, apalagi mereka yang belum punya pilihan tetap. Iklan sangat mempengaruhi arah pilihannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: