8 Pahlawan Nasional Dari Maluku, Perjuangannya Untuk Bangsa Indonesia

8 Pahlawan Nasional Dari Maluku, Perjuangannya Untuk Bangsa Indonesia

8 Pahlawan Nasional Dari Maluku, Perjuangannya Untuk Bangsa Indonesia--

Nuku Muhammad Amiruddin Kaicil Paparangan

Sultan Nuku Muhammad Amiruddin lahir 1738 dan Wafat 1805. Sultan Tidore, memimpin beberapa pertempuran laut melawan pasukan kolonial Belanda. Pada tahun penetapan menjadi Pahlawan Nasional 1995.

Gelarnya adalah Sri Paduka Maha Tuan Sultan Saidul Jehad el Ma’bus Amiruddin Syah Kaicil Paparangan. 

Pada masa pemerintahannya yang mencakup Pulau Tidore, Halmahera Tengah, pantai Barat, dan Utara Irian Barat, Sultan Nuku berjuang dari satu wilayah ke wilayah lain melawan dan berdiplomasi dengan Belanda juga Inggris. Tujuannya untuk membebaskan rakyat dari penjajahan. 

Willem Johannes Latumeten

Merupakan pahlawan nasional keturunan keluarga besar Latumetena dari Desa Rutong di Pulau Ambon. Ayahnya seorang pejuang dan ahli penyakit jiwa, Prof. Dr. Y.A. Latumeten.

Pengabdiannya untuk negara dimulai sejak zaman revolusi fisik hingga kemerdekaan. Pernah menjabat di Kementerian Penerangan, Departemen Olahraga, dan menjadi Pembina Olahraga.

Ia juga mendirikan Sekolah Tinggi Olahraga di Jakarta, membentuk PERBASI, membina para atlet yang akan terjun ke ASEAN GAMES IV tahun 1962 dan GANEFO pada 1963, juga menjadi Sekretaris Umum Komite Olympiade Indonesia Pusat pada 1955 – 1964. 

Sultan Babullah

Sultan Babullah sangat terkenal dalam sejarah Ternate dan Maluku karena keberhasilannya mengusir penjajah Portugis dari Ternate dan membawa kesultanan tersebut kepada puncak kejayaannya di akhir abad ke-16.

Sejak kematian ayahnya, Sultan Babullah bersumpah tidak akan menghentikan perang hingga semua orang Portugis terusir dari daerah kekuasaannya. 

Pengepungan Sao Paulo, Benteng Portugis, menjadi tindakan pertamanya yang berlangsung sampai lima tahun lamanya hingga Portugis menyerah. Sultan Babullah wafat pada Juli 1583. Kemudian digantikan oleh Sultan Said yang berkuasa sejak 1583-1606. 

Kapitan Kakiali

Kapitan Kakiali, adalah seorang putra Tepil yang digelari Kapitan Hitu juga keturunan Perdana Jamilu (Nusapati), dan salah seorang dari para pemimpin Hitu di Jasirah Hitu, Ambon. 

Ia ikut bertempur dalam perang Hitu I melawan VOC pada 1634-1643. Tahun 1935, Kakiali ditangkap dengan tipu daya Belanda ketika berunding dan dibuang ke Batavia. Baru dipulangkan ke Hitu pada 1637 untuk menentramkan rakyat Hitu yang semakin bergolak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: