Pemkab Mukomuko Edukasi Masyarakat Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran

Pemkab Mukomuko Edukasi Masyarakat Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran

Pemkab Mukomuko Edukasi Masyarakat Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait upaya pencegahan dan penanggulangan bencana Kebakaran.

Kegiatan edukasi masyarakat yang digelar di Hotel Abyan Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko pada Rabu, 25 Oktober 2023 ini dikemas dalam bentuk sosialisasi. Dibuka secara resmi oleh Bupati Mukomuko yang diwakili Asisten I Setdakab Mukomuko, Haryanto, SKM. 

‘’Hari ini, masyarakat dari berbagai kecamatan yang mengikuti sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Mereka diberi edukasi dan pemahaman mencegah dan menanggulangi sedini mungkin. Sehingga masyarakat tahu apa langkah-langkah mitigasi bencana kebakaran,’’ ungkap Haryanto.   

BACA JUGA:Berkerok Cara Tradisional Untuk Mengusir Angin, Cukup Gunakan Benda dan Bahan Dapur Ini

BACA JUGA:Balai Veteriner Lampung Laksanakan Pemetaan Terhadap Puskeswan di Mukomuko

Perlu diketahui, kebakaran bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Bahkan untuk di Kabupaten Mukomuko, peristiwa kebakaran ini terjadi setiap tahun. Ditegaskan Haryanto, dengan seringnya peristiwa kebakaran ini, dirasa penting untuk memberi pencerdasan dan pemahaman kepada masyarakat akan hal tersebut. 

Menurut Haryanto, upaya pencegahan ini lebih penting dari pada penanggulangan. Dalam proses penanggulangan, banyak hal yang harus pikirkan. 

‘’Kondisi jarak, sarana dan prasarana juga belum mendukung, sumber daya manusia. Dan kejadiannya, kadang tengah malam. Mangkanya, melalui sosialisasi ini, bagaimana masyarakat tahu cara mencegah terjadinya kebakaran,’’ ulasnya. 

Haryanto mengutarakan bahwa sebagian besar peristiwa kebakaran terjadi disebabkan human eror dari perilaku manusianya. Baik kebakaran disebabkan arus listrik, kebakaran kawasan hutan dan lahan gambut. 

‘’Rata-rata kebakaran ini disebabkan kelalaian manusianya. Mangkanya kita antisipasi itu, bagaimana masyarakat membiasakan dan membudayakan untuk mencegah terjadinya kebakaran,’’ ujarnya. 

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko, Ramdani, SE., M.Si menyampaikan, kegiatan edukasi masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran ini digelar selama dua hari, hingga Kamis besok. 

Peserta sosialisasi ini melibatkan 160 orang peserta masyarakat dari berbagai kecamatan. Masing-masing peserta dari Kecamatan XIV Koto, Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan Air Dikit, dan Kecamatan Penarik. 

‘’Kegiatan sosialisasi ini digelar dua sesi. Dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran,’’ paparnya. 

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Sapuan Ingatkan OPD, Tingkatkan Kinerja dan Layanan Publik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: