Ini Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Kulit, Selain Diolah Jadi Aneka Makanan Juga Untuk Kosmetik

Ini Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Kulit, Selain Diolah Jadi Aneka Makanan Juga Untuk Kosmetik

Ini Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Kulit, Selain Diolah Jadi Aneka Makanan Juga Untuk Kosmetik--

RADARMUKOMUKO.COM - Jagung adalah salah satu tanaman pangan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Jagung tidak hanya bermanfaat sebagai bahan makanan dan pakan ternak, tetapi juga sebagai bahan industri. 

Salah satu industri yang bisa memanfaatkan jagung sebagai bahan baku adalah industri kosmetik.

Melansir dari berbagai sumber, kosmetik adalah produk yang digunakan untuk membersihkan, mempercantik, atau mengubah penampilan tubuh manusia. Kosmetik bisa berupa sabun, sampo, pasta gigi, bedak, lipstik, krim, dan sebagainya. Kosmetik bisa dibuat dari bahan-bahan alami atau sintetis.

Jagung merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan bahan baku kosmetik. Jagung mengandung berbagai zat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, seperti vitamin, antioksidan, asam amino, dan serat. 

BACA JUGA:Baru Tau Cukup Gunakan Tanaman Ini di Rumah Auto Langsung Wangi, Nggak Perlu Repot Beli Pengharum Ruangan

BACA JUGA:Baru Tau Cara Merebus Telok Abang, Idak Retak Muda Dibuka, Cuman Masukan Bahan-Bahan Ini

Jagung juga bisa diolah menjadi berbagai produk turunan yang digunakan dalam industri kosmetik.

Beberapa produk turunan dari jagung yang digunakan dalam industri kosmetik adalah minyak jagung, sirup jagung, tepung jagung, dan pati jagung. 

Minyak jagung bisa digunakan sebagai bahan pelembab, pelindung kulit, dan pengawet kosmetik. Sirup jagung bisa digunakan sebagai bahan pemanis, pengental, dan pengikat kosmetik.

Tepung jagung bisa digunakan sebagai bahan pengisi, penyerap minyak, dan eksfolian kosmetik. Pati jagung bisa digunakan sebagai bahan pengganti bedak talc, pengatur keasaman, dan pembentuk film kosmetik. Selain itu, beberapa jenis jagung juga memiliki khasiat khusus untuk kulit.

Misalnya, jagung ungu yang memiliki warna ungu pada bijinya. Jagung ungu mengandung zat warna alami yang disebut antosianin, yang memiliki efek anti-inflamasi dan anti-kanker. Jagurn ungu juga memiliki rasa manis dan lembut. Jagurn ungu bisa dijadikan bahan baku kosmetik yang mencerahkan kulit.

Selain itu, ada juga limbah kulit buah langsat yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik. 

BACA JUGA:Tips Merebus Telur Dalam Magic Com Agar Tidak Pecah dan Mudah Dikupas, Bisa Tanpa Air

BACA JUGA:Simak, Ini Resep Opor Ayam Kekinian Rasanya Lebih Enak dan Mantap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: