Pemerintah Bantu 9 Unit Hand Traktor, 51 Unit Hand Sprayer dan 12 Unit Cultivator untuk Petani Mukomuko

Pemerintah Bantu 9 Unit Hand Traktor, 51 Unit Hand Sprayer dan 12 Unit Cultivator untuk Petani Mukomuko

Pemerintah Bantu 9 Unit Hand Traktor, 51 Unit Hand Sprayer dan 12 Unit Cultivator untuk Petani Mukomuko--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COMPetani Kabupaten Mukomuko mendapatkan 9 unit hand traktor, 51 unit hand sprayer dan 12 unit cultivator bantuan pemerintah. 

Sejumlah bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang bersumber dari APBD Provinsi Bengkulu tahun 2023 tersebut, diserahkan pada momen peringatan Hari Tani Nasional ke 63 di Kabupaten Mukomuko, Kamis, 28 September 2023.

Hadir, Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI, Kapolres Mukomuko AKBP, Nuswanto, SH., S.Ik., MH, Ketua Penasihat Serikat Tani Bengkulu (STaB) Muspani, SH, Sekdakab Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si dan Kepala Dinas Pertanian Mukomuko, M. Rizon, S.Hut., M.Si. Turut hadir anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Ir. Renjes Zaetedy.

Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA melalui Kepala Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, M. Rizon, S.Hut., M.Si kepada radarmukomuko.com mengungkapkan, sejumlah bantuan Alsintan yang disalurkan kepada kelompok tani Kabupaten Mukomuko tersebut merupakan program pengadaan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2023. 

BACA JUGA:Hari Tani Nasional ke 63, Serikat Tani Apresiasi Kinerja Pemkab Mukomuko di Bidang Pertanian

Bantuan Alsintan ini, pada prinsipnya sebagai bagian dari komitmen pemerintah dalam memajukan ekonomi dan kesejahteraan petani. 

‘’Sinergitas pemerintah kabupaten dengan pemerintah provinsi, alhamdulillah tahun ini petani kita juga kebagian program dari provinsi. Berupa bantuan alat dan mesin pertanian. Dengan adanya bantuan ini, dapat mendukung aktivitas kerja para petani di daerah kita. Prinsipnya, ini sebagai bukti dan komitmen pemerintah peduli terhadap pertanian,’’ kata M. Rizon. 

Di samping itu, kata M. Rizon, dalam upaya mensejahterakan petani, Pemkab Mukomuko di bawah komando langsung Bupati H. Sapuan, terus berupaya menggalang dana untuk berbagai program kerja. 

Di tahun ini, Pemkab Mukomuko mendapatkan Dana Bagi Hasil (DBH) sawit sebesar Rp16,8 miliar dari pemerintah pusat. Prioritas utama DBH sawit ini, akan digunakan untuk peningkatan infrastruktur pertanian dan perkebunan. 

Disisi lain, kata M. Rizon, pada tahun 2024 mendatang, Pemkab Mukomuko juga mendapatkan kucuran dana pusat di bidang pertanian sebesar Rp19 miliar. Menurut M. Rizon, Dana Alokasi Khusus (DAK) tematik bidang pertanian ini, juga bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran petani. 

BACA JUGA:Identitas Korban Gantung Diri di Air Rami Sudah Diketahui, Asal Putri Hijau Bengkulu Utara

‘’Prinsipnya, Pemprov dan Pemkab Mukomuko terus bersinergi, bagaimana menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan petani di daerah kita melalui kegiatan pembangunan. Tahun ini ada dana DBH sawit, di tahun 2024 nanti juga mengalir dana sebesar Rp19,8 miliar untuk mensejahterakan petani di Kabupaten Mukomuko,’’ imbuhnya. 

Secara khusus, dengan adanya bantuan Alsintan dari pemerintah tersebut, M. Rizon berharap kepada petani untuk dimanfaatkan seefektif mungkin. 

‘’Manfaatkan, dan gunakan sebagaimana mestinya. Tolong dijaga dan dirawat. mudah-mudahan dengan adanya bantuan Alsintan ini dapat meringankan beban kerja dan meningkatkan kesejahteraan petani kita,’’ pintanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: