Ingin Budidya Tanaman Semangka Namun Belum Berpengalaman Jangan Khawatir, Tambah Ilmunya Disini

Ingin Budidya Tanaman Semangka Namun Belum Berpengalaman Jangan Khawatir, Tambah Ilmunya Disini

Ingin Budidya Tanaman Semangka Namun Belum Berpengalaman Jangan Khawatir, Tambah Ilmunya Disini--

RADARMUKOMUKO.COM - Merasa ada lahan tidur tapi belum tahu ingin di tanmam apa. Melihat pekebun semangka yang berhasil pingin rasanya ingin ikut menanam semangka.

Untuk budidaya semangka, dibutuhkan lahan yang luas untuk menanamnya. Dan pemberian nutrisi yang cukup secara teratur, tanaman semangka juga memerlukan paparan sinar matahari langsung agar tumbuh dengan baik.

Pohon semangka cocok ditanam pada jenis tanah gembur terutama untuk pertumbuhan kecambah. Suhu lingkungan yang cocok berada dikisaran 21 derajat Celcius atau lebih.

BACA JUGA:ASEAN PR Nobatkan BRI Sebagai ‘Best Government Public Relations in Indonesia’, Buah Kehumasan Yang Efektif

BACA JUGA:Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Mengobati Anemia

Daun semangka berukuran besar, teksturnya kasar dan memiliki bulu. Bentuk daun semangka menyirip dan semakin tua maka tekstur daunnya akan menjadi lebih keras. 

Tanaman semangka memiliki bunga berwarna kuning. Bunganya tumbuh secara individual di bagian ketiak daun.Semangka termasuk buah berukuran besar. 

Buahnya merupakan jenis buah beri dengan kulit keras serta daging buah yang sangat tebal. Buah semangka yang tumbuh liar umumnya memiliki diameter 20 cm.

Kulit buah semangka berwarna hijau muda hingga tua, biasanya memiliki bintik-bintik atau bergaris-garis. Di bagian daginnya terdapat biji berukuran kecil dan pipih, berbentuk oval.

Buah semangka memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat, Didalam semangka mengandung Vitamin A, Antioksidan, Likopen, Citrulline dan Potassium. Kandungan air dalam buah ini yang banyak, menjadikannya pilihan utama disaat cuaca yang panas.

Berikut cara menanam tanaman semangka  :

1. Perhatikan PH tanah 

Hal yang harus diperhatikan sebelum anda menanam buah semangka adalah bagaimana menyiapkan media tanamnya. Jenis dan pH tanah harus memenuhi syarat. Sehingga tanaman semangka akan tumbuh optimal dan menghasilkan buah yang bagus.

Jenis tanah yang paling disukai oleh semangka adalah yang mengandung unsur organik, zat hara tinggi, gembur, dan bersih dari gulma atau tanaman penganggu. Sedangkan pH tanah ideal untuk pertumbuhan semangka yang baik adalah di kisaran 6-7, jadi tidak asam maupun basa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: