Mengapa Sepeda Terbanyak di Kota Ini? Alasan Penduduk Bukan Karena Mau Hemat BBM Tapi

Mengapa Sepeda Terbanyak di Kota Ini? Alasan Penduduk Bukan Karena Mau Hemat BBM Tapi

Mengapa Sepeda Terbanyak di Kota Ini? Alasan Penduduk Bukan Karena Mau Hemat BBM Tapi--

RADARMUKOMUKO.COM - Amsterdam, ibu kota Belanda, telah dinobatkan sebagai salah satu kota teraman di dunia dalam studi terbaru yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU). 

Studi ini menilai 60 kota di dunia berdasarkan lima kategori besar keamanan, yaitu digital, kesehatan, infrastruktur, pribadi, dan lingkungan.

Studi ini juga mempertimbangkan dampak pandemi Covid-19 terhadap keamanan kota-kota tersebut.

Amsterdam menduduki peringkat keenam dalam kategori keamanan pribadi, yang mencakup aspek-aspek seperti tingkat kejahatan, sistem peradilan, penegakan hukum, korupsi, dan terorisme.

Kota ini juga berada di peringkat kesembilan dalam kategori keamanan lingkungan, yang menilai faktor-faktor seperti polusi udara, emisi karbon, perubahan iklim, dan manajemen sampah.

Amsterdam mendapatkan skor 82,4 dari 100 dalam indeks keamanan kota yang dirilis oleh EIU.

BACA JUGA:Tolak Lamaran Soekarno dan Sultan Syahril, Primadona Kota Solo Gusti Nurul Menikah Dengan Letnan

BACA JUGA:Dikenal Angker, Hanya Wisawatan Nekad Yang Berani Kunjungi 6 Pulau Terlarang Ini

Salah satu alasan mengapa Amsterdam menjadi salah satu kota teraman di dunia adalah keunikan budaya dan gaya hidup masyarakatnya yang gemar bersepeda. 

Amsterdam adalah salah satu kota dengan jumlah sepeda terbanyak di dunia.

Menurut data dari Pemerintah Kota Amsterdam, ada sekitar 881.000 sepeda di kota ini, sementara jumlah penduduknya hanya sekitar 872.000 jiwa, artinya, ada lebih banyak sepeda daripada orang di Amsterdam.

Bersepeda adalah alat transportasi utama bagi warga Amsterdam. Sebanyak 68% penduduk kota ini menggunakan sepeda setiap hari untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, belajar, berbelanja, atau sekadar bersantai.

Kota ini memiliki lebih dari 500 km jalur sepeda yang terpisah dari jalan raya. Selain itu, kota ini juga memiliki fasilitas-fasilitas yang mendukung para pesepeda, seperti tempat parkir sepeda, stasiun penyewaan sepeda, dan bengkel sepeda.

Dengan bersepeda, warga Amsterdam dapat menikmati berbagai manfaat, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: