Suku Bunian Diyakini Masih Ada Sampai Sekarang, Kaum Misterius Yang Kerap Dituduh Sembunyikan Orang

Suku Bunian Diyakini Masih Ada Sampai Sekarang, Kaum Misterius Yang Kerap Dituduh Sembunyikan Orang

Suku Bunian Diyakini Masih Ada Sampai Sekarang, Kaum Misterius Yang Kerap Dituduh Sembunyikan Orang-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Suku orang bunian diyakini masih ada sampai sekarang, bahkan beberapa kasus penduduk yang hilang dihutan, tuduhan kerap diarahkan kepada orang bunian sebagai pelakunya. Tudingan ini tentu berdasarkan penglihatan batin dari dukun atau "orang pandai".

Untuk diketahui, orang bunian atau sekadar bunian adalah mitos sejenis makhluk halus yang dipercaya oleh masyarakat Melayu dan Minangkabau di pulau Sumatra bahkan juga dikenal di Malaysia Barat. 

Berdasar mitos tersebut, orang bunian berbentuk menyerupai manusia dan tinggal di tempat-tempat sepi, di rumah-rumah kosong yang telah ditinggalkan penghuninya dalam waktu lama. 

Orang Bunian kadang-kadang juga disebut "Orang Tersembunyi" yang mendiami kedalaman hutan atau gunung tinggi dan jauh dari kontak manusia. 

BACA JUGA:Kisah Dusun Legetang Hilang Dalam Semalam, Hidup Makmur Namun Maksiat Merajalela

BACA JUGA:Untung Suropati Dibesarkan di Rumah Belanda, Mengamuk Karena Cinta Beda Kasta Yang Dipisahkan

Namun, terkadang mereka juga bisa tinggal dengan masyarakat yang berada dekat dengan wilayah mereka tinggal. Dalam struktur sosial nya pun, orang bunian ini sangat mirip dengan kehidupan manusia. 

Terkhusus kehidupan masyarakat yang berada di Semenanjung Melayu, orang Bunian juga dianggap memiliki keluarga, klan hingga keluarga kerajaan. 

Orang Bunian sangat terkenal dalam cerita masyarakat Sumatera bagian timur dan pesisir Kalimantan, serta pulau-pulau kecil yang terletak di antara lokasi-lokasi ini. 

Konon, jika ada yang mendengar teriakan, nyanyian, tertawa atau mengoceh di hutan, maka kemungkinan berada di kawasan orang Bunian, akan tetapi tidak akan pernah melihat mereka walau hanya dengan bayangannya saja. 

Hal itu karena, dipercaya oleh masyarakat melayu bahwa Orang Bun

ian dapat menggunakan sihir untuk menjadi tidak terlihat oleh siapa pun kecuali mereka yang memiliki penglihatan spiritual. 

Untuk ciri-ciri dari makhluk Bunian ini sama saja seperti ciri manusia pada umumnya, seperti bertubuh tegak dan mempunyai tangan dan kaki. Beberapa cerita juga mengklaim bahwa makhluk misterius ini tidak memiliki philtrum, yaitu lekukan vertikal antara pangkal hidung dan batas bibir atas.

Tapi sewaktu-waktu, Orang Bunian biasanya menampakkan diri di depan manusia yang disukai, supaya bisa digoda dan dijadikan pasangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: