Pemkab Mukomuko Siap Bantu Petani Ipuh Terdampak El Nino

Pemkab Mukomuko Siap Bantu Petani Ipuh Terdampak El Nino

Pemkab Mukomuko Siap Bantu Petani Ipuh Terdampak El Nino --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko siap bantu penanganan kekeringan lahan sawah petani terdampak El Nino di Desa Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh. 

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Dr.  Abdiyanto, SH., M.Si kepada radarmukomuko.com, pada Senin, 11 September 2023. 

Dikatakan Sekda, terkait dengan keluhan petani terdampak El Nino di Ipuh, pada hari ini juga telah dilakukan peninjauan secara bersama. Dihadiri langsung oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Frokopimda), Kadis Pertanian, Kadis PUPR dan Kepala BPBD. 

‘’Kami telah turun bersama, meninjau sekaligus untuk mencari solusi kekeringan lahan sawah yang dialami petani di Ipuh. Prinsipnya, Pemkab akan menyiapkan anggaran untuk membantu penanganan kekeringan itu. Kekeringan ini dampak dari peristiwa El Nino,’’ kata Sekda. 

BACA JUGA:Konsolidasi Internal Partai NasDem Mukomuko, Rapatkan Barisan Menuju Kemenangan Pemilu 2024

Terkait dengan kebijakan dan penganggaran dalam penanganan kekeringan tersebut, Pemkab kembali menjadwalkan pelaksanaan rapat lanjutan.

‘’Besok kita mengundang unsur terkait termasuk FKPD, untuk membahas kebijakan penganggaran yang tepat untuk penanganan kekeringan lahan sawah ini. Sebab di dalam APBD kita tidak tersedia secara khusus dana anggaran untuk itu, apakah mungkin menggunakan dana BTT, kita lihat nanti dari hasil keputusan rapat,’’ imbuhnya.  

Perlu disampaikan, kata Sekda, berdasarkan hasil koordinasi dengan petani sawah yang terdampak kekeringan di lapangan. Untuk penanganan jangka pendek, petani setempat membutuhkan bantuan pompa dan slang air. Sementara untuk jangka menengah, para petani di daerah ini meminta bantuan pemerintah untuk menambah unit sumur bor sebagai sumber pengairan sawah mereka. 

‘’Selentingan dalam kunjungan lapangan, petani juga minta bantuan pompa dan slang air. Kemudian, mereka juga minta bantuan pemerintah untuk menambah unit sumur bor, sementara yang telah ada sekarang ini hanya 3 unit sumur bor,’’ paparnya. 

BACA JUGA:Dampak Jalan Inpres Mulai Dirasakan Masyarakat Mukomuko, Akses Lancar Pendapatan Meningkat

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, M. Rizon, S.Hut menyampaikan bahwa areal persawahan di wilayah Pasar Ipuh yang mengalami kekeringan sekitar 260 hektare. Sebagian lahan sawah ini telah ditanami bibit padi dan sebagian lagi masih dalam proses olah tanah.

‘’Dari pantauan lapangan, sekitar 60 hektare lahan sawah sudah ditanami bibit. Selebihnya, ada yang masih dalam proses bajak, dan penyemaian bibit. Upaya membantu para petani ini agar para petani setempat tidak mengalami gagal tanam dan merugi,’’ demikian M. Rizon. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: