Westerling "Si Turki" Habisi Puluhan Ribu Nyawa Rakyat Indonesia Hingga Diburu, Dianggap Super Hero di Belanda

Westerling

Kapten Raymond Pierre Paul Westerling alias Kapten Westerling-Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

 

RADARMUKOMUKO.COM - Masih tentang Kapten Raymond Pierre Paul Westerling alias Kapten Westerling yang juga salah satu kapten tentara KNIL dianggap sebagai simbol kebrutalan Belanda di tahun-tahun perang kemerdekaan Indonesia.

Westerling di Indonesia dikenal sosok yang sangat kejam, hingga namanya abadi sebagai seorang pembantai dalam sejarah Republik Indonesia.

Westerling melakukan operasi militer Sulawesi Selatan, hingga peristiwa ini disebut dengan tragedi ‘pembantaian Westerling’ tahun 1946 hingga 1947. 

Ada puluhan ribu rakyat Indonesia yang meninggal dam peristiwa ini, menjadi salah satu tragedi paling berdarah di Indonesia kala itu.

BACA JUGA:Pertempuran Puputan Hadapi Belanda Hingga Titik Darah Terakhir, Dibentuk Negara Indonesia Timur

BACA JUGA:Sejarah Papua Merdeka Tidak Lepas dari Peran Belanda, Hingga Diteruskan KKB

Kemudian Westerling juga pernah memimpin kudeta Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) di Bandung, Jawa Barat pada tahun 1950. Dalam peristiwa ini juga tidak sedikit korban nyawa, termasuk beberapa TNI tewas.

APRA berhasil ditumpas oleh tentara Indonesia, namun sayangnya Westerling berhasil Kabur hingga ke Singapura kemudian pulang ke Belanda.

Kala itu Westerling menjadi orang yang paling diburu oleh TNI.

Melansir dari berbagai sumber, Walau Westerling sangat dibenci oleh rakyat Indonesia,  namun banyak tentara Belanda, menganggap sosok Westerling adalah legenda yang sangat ahli berkelahi dengan tangan kosong dan jago menggunakan pistol.

Sejak dulu pemerintah Indonesia meminta “si tukang jagal” Kapten Raymond Westerling, untuk diekstradisi ke Indonesia, guna kemudian diseret ke muka pengadilan. 

BACA JUGA:Mantap, Segera Ajukan Mandiri Taspen Rp 350 Juta Hingga Rp 500 Juta, Cocok Untuk Modal Usaha

BACA JUGA:Ayo Buruan, 3 Jenis KUR BSI, Bisa Ajukan Rp 50.000.000 Tanpa Bunga, Cicilan Mulai Rp 900-Ribuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: