Kabar Gembira, Tersedia Formasi Tes CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA, SMA Sederajat

Kabar Gembira, Tersedia Formasi Tes CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA, SMA Sederajat

Kabar Gembira, Tersedia Formasi Tes CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA, SMA Sederajat--

RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah sudah menetapkan total kuota CPNS dan PPPK yang akan diterima pada tes yang akan dilaksanakan. Bahkan selain sudah memastikan kuota, juga pemerintah telah menetapkan jadwal tahapan tes CPNS.

Sesuai surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 tertanggal 21 Agustus 2023, pendaftaran akan dimulai 16 - 30 September 2023. Jadwal pendaftaran pada tanggal 17 September hingga 6 Oktober 2023. 

Formasi CPNS dan PPPK yang akan dibuka di berbagai kementerian dan pemerintah daerah tidak hanya untuk tamatan perguruan tinggi atau serjana. Tetapi kemungkinannya juga ada kuota untuk SMA sederajat

BACA JUGA:Tes CPNS dan PPPK 2023 Resmi Dibuka, Ini Informasi dan Jadwal Lengkapnya

Salah satu kementerian yang membuka ruang untuk tamatan SMA ikut tes adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Dipastikan juga ada untuk lulusan DIII dan S1.

Berdasarkan situs resmi cpns.kemenkumham.go.id, Kemenkumham telah mengonfirmasi jumlah formasi pada seleksi CPNS 2023 mendatang.

Dimana Kemenkumham membuka formasi sebanyak 1.015 formasi CPNS dan 1.563 formasi PPPK.

Formasi tersebut diperuntukkan bagi lulusan SMA, DIII, S1 hingga petugas kesehatan.

Namun Kemenkumham belum merilis informasi resmi mengenai detail apa saja formasi yang dibutuhkan terutama untuk SMA sederajat.

BACA JUGA:Info Tes CPNS, 4 Tahapan Yang Penting Diketahui dan Disiapkan Sebelum Dibukanya Pendaftaran Online

Selain Kemenkumham, juga kemungkinan yang bakal menerima CPNS dan PPPK untuk lulusan SMA dan SMA sederajat yaitu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Gambarannya pada CPNS 2019, Kemendikbud membuka cukup banyak posisi untuk CPNS lulusan SMA dan sederajat untuk bagian teknik Pemetaan dan Penggambaran, teknik Laboratorium dan  Pengadministrasi keuangan. 

Kemudian Badan Intelijen Negara (BIN), pada BIN membuka 200 formasi untuk lulusan SMA pada 2019 lalu. Ada dua jabatan bagi CPNS lulusan SMA di BIN, yaitu Tenaga Pengaman Siber dan jabatan Pranata Komputer Pelaksana Pemula. 

Terus Kementerian Pertanian, formasi lulusan SMA yang dibuka oleh Kementerian Pertanian di 2019 adalah untuk SMK Peternakan, SMK Pertanian. 

BACA JUGA:Inilah Alasan Mengapa Thailand Menjadi Negara Satu-satunya di Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: