Unik, Tradisi Pernikahan Berbagai Daerah di Indonesia, Membeli Pengantin Hingga Menculik Calon Anak Daro

Unik, Tradisi Pernikahan Berbagai Daerah di Indonesia, Membeli Pengantin Hingga Menculik Calon Anak Daro

tradisi adat pernikahan-Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

RADARMUKOMUKO.COM - Sekarang pernikahan indentik dengan resepsi atau pesta,  namun perlu diketahui ada hal unik dan sangat menentikan dari pernikahan, yaitu tradisi yang sudah ada turun temuran.

Tradisi ini sangat penting, bahkan jika tidak dilaksanakan, bisa menyebabkan pernikahan tertunda hingga dibatalkan sama sekali.

Setiap daerah, desa dan suku memiliki tradisi berbeda, namun ada beberapa tradisi yang dinilai paling unik dan menarik untuk diketahui.

Seperti tradisi jual beli mempelai perempuan atau laki-laki, tradisi kawin colong hingga larangan ke toilet bagi mempelai.

Berikut 7 Tradisi Perkawinan yang unik di Indonesia yang masih ada hingga sekarang:

 

Perempuan Membeli Pria

BACA JUGA:Tradisi Perang Adat Pasola Suku Sumba, Pertarungan Dua Kubu Hingga Ada yang Terluka

BACA JUGA:Wilhelmina, Ratu Belanda Yang Tidak Rela Indonesia Merdeka, Akhirnya Merana dan Lakukan Berbagai Cara

Tradisi yang dikatakan perempuan membeli pria merupakan adat Padang Pariaman di Minangkabau atau Sumbar. Tradisi ini adalah "uang japuik" atau uang jemputan keluarga pengantin wanita terhadap pengantin pria yang akan pindah atau tinggal di rumah keluarga wanita setelah menikah. 

Tradisi ini kemungkinannya terinspirasi dari kisah pernikahan Rasulullah SAW dengan Siti Khadijah. Saat itu, Khadijah memberikan sejumlah hartanya kepada Rasulullah untuk menghormati dan mengangkat derajat beliau.

 

Jual-Beli Adat Bali

Jual-beli dalam tradisi ini dilakukan menggunakan Bakul. Bakul yang dibawa oleh calon mempelai wanita kemudian akan dibeli oleh calon mempelai pria. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: