Janda Dikucilkan hingga Harus Bermalam dengan Orang Asing Demi Usir Roh Jahat

Janda Dikucilkan hingga Harus Bermalam dengan Orang Asing Demi Usir Roh Jahat

Tradisi usir roh di Ghana--

RADARMUKOMUKO.COM - Sekarang ada istilah "Janda makin didepan", karena memang Janda memiliki daya pikat tersendiri di era modern saat ini.

Namun berbeda dengan nasib para janda yang ada di beberapa belahan dunia di masa lampau, seperti di Ghana dan daerah lain di Afrika.

BACA JUGA:Tradisi Budaya Makan Abu Orang Meninggal Suku Yanomami, Dimakan dengan Dicampur Sup Pisang

Dimana janda dinilai sesuatu yang buruk hingga membawa pengaruh jahat pada manusia, sehingga wanita berstatus Janda karena suaminya meninggal dan sebagainya harus dikucilkan hingga menjalani ritual tidak masuk akal hingga membuat kondisi para janda menjadi lebih buruk.

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa perlakuan yang cukup kejam pada wanita Janda yang pernah terjadi kala itu.

Diantaranya para janda akan dikucilkan waktu makan, dimana ada budaya melarang Janda mengonsumsi makanan bergizi, dan bahkan dipaksa untuk mengambil bagian dalam ritual makan yang merusak dan berbahaya.

BACA JUGA:Tradisi Unik Makan Plasenta Bayi Baru Lahir di Tiongkok, Diolah dan Dimasak Atau Dimakan Mentah, Tujuannya Ini

Janda miskin di Ghana seringkali menjadi sangat menderita, meski negara itu telah berusaha untuk menghapuskan upacara berkabung yang merendahkan dan membahayakan para janda dengan undang-undang. 

Namun beberapa janda masih dengan sengaja dijauhkan dari makanan bergizi.

Ada ritual di mana para janda dipaksa minum sup berisi bagian-bagian tubuh suami mereka yang sudah meninggal. “Rambut dan kuku almarhum digunakan. Jenazah dimandikan dan airnya digunakan sebagai ramuan untuk diminum perempuan itu,” kata Fati Abdulai, Direktur Gerakan Janda dan Anak Yatim, sebuah yayasan amal yang berpusat di utara Ghana dilansir dari kabar6.com melansir Independent.

BACA JUGA:Tradisi Suku Neur, Pria Harus Serahkan 40 Ekor Sapi Untuk Calon Istri

Beberapa janda dapat membeli jalan untuk menghindari ritual yang merendahkan ini, tetapi sebagian besar hidup dalam kemiskinan dan tidak bisa menikmati kemewahan itu.

Harta biasanya kembali ke keluarga pria setelah sang suami meninggal, banyak wanita kehilangan akses mereka ke tanah pertanian, kecuali mereka menikahi salah satu kerabat suami mereka.

Selain itu juga dikatakan ada ritual di Ghana, janda perlu menghabiskan malam dengan orang asing untuk membersihkan roh. Para janda ini dipaksa bersama orang asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: