Tetapkan 10 Kegiatan Fisik Prioritas 2024

Tetapkan 10 Kegiatan Fisik Prioritas 2024

Musdes: Kegiatan Musdes perencanaan tahun 2024 di Desa Sidoadi --

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Sidodadi Kecamatan Sungai Rumbai, saat ini mulai menyusun rencana kegiatan fisik yang menjadi prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2024 mendatang. Sesuai dengan hasil Musyawarah Desa (Musdes) perencanaan tempo hari. Setidaknya ada 10 item pembangunan fisik yang ditetapkan sebagai program prioritas tahun 2024. Pembangunan yang ditetapkan sebagai skala prioritas tersebut. Semuanya adalah usulan dari masyarakat. Pemerintah Desa (Pemdes) Sidoadi hanya menampung, dan merealisasikan setelah ada kesepakatan antara sesepuh tokoh masyarakat dan BPD.

Usulan untuk pembangunan fisik yang disampaikan oleh masyarakat dalam musyawarah perencanaan itu cukup banyak. Semua usulan yang disampaikan oleh masyarakat dipilah dan dikaji terkait dengan kepentingan dan pemanfaatkannya. Setelah diseleksi dan dimusyawarahkan bersama. Setidaknya ada 10 pembangunan fisik yang disepakati sebagai skala prioritas tahun 2024. Diantaranya, pembangunan gedung perpustakaan desa, pembangunan JUT dan Jembatan JUT, pembangunan Saluran Pembuangan Limbah (SPAL) 3 titik, pembangunan siring, pembangunan taman baca anak, pembangunan gorong-gorong Jalan penghubung desa, pembangunan pelapis tebing, pembangunan jaringan air bersih, dan pembangunan rabat beton.

BACA JUGA:Mendikbudristek Persiapkan 199 Anak Muda Tampil di Perayaan HUT ke 78 Republik Indonesia

Kepala Desa (Kades) Sidodadi, Sumariatun mengatakan, sekarang ini pembangunan yang ditetapkan sebagai skala prioritas ini baru sebatas perencanaan. Karena sampai saat ini belum diketahui berapa besaran Dana Desa (DD) untuk Desa Sidoadi tahun 2024 mendatang. Namun, untuk menyusun perencanaan tahun 2024, pedoman atau acuannya pagu indikatif DD tahun 2023 ini.

"Kita merealisasikan usulan pembangunan prioritas ini dari atas. Mulai dari bangun gedung perpustakaan desa. Kalau dana yang dimiliki memang memungkinkan dan mencukupi, maka semua usulan yang sudah disepakati sebagai skala prioritas ini bisa terealisasi semua," kata Sumariatun.

BACA JUGA:Pemdes Resno Tuntaskan Fisik 2023

Lanjutnya, sekarang hasil Musyawarah perencanaan 2024 sudah disepakati. Kalau anggarannya tidak bisa merealisasikan semua program yang menjadi prioritas itu. Setidaknya Pemdes sudah memiliki arah pembangunan yang diusulkan masyarakat. Usulan yang belum bisa terealisasi tahun 2024 mendatang. Maka usulan tersebut akan disampaikan lagi di tahun berikutnya hingga usulan tersebut bisa terealisasi.

"Tidak mungkin 10 item kegiatan fisik yang ditetapkan sebagai prioritas ini terealisasi semua. Kecuali ada penambahan anggaran DD naik menjadi 2 Miliar. Maka semua usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat ini bisa kita realisasikan. Yang jelas sekarang kita sudah mengetahui arah pembangunan tahun 2024," tutupnya."

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: