Meski Tekanan Air Kuat, Namun Masih Ada Robot Yang Mampu Mencapai Dasar Laut Atlantik, Ini Dia Nama Robotnya

Meski Tekanan Air Kuat, Namun Masih Ada Robot Yang Mampu Mencapai Dasar Laut Atlantik, Ini Dia Nama Robotnya

Hanya robot yang bisa sampai ke tempat Titanic dan tidak meledak?--

BACA JUGA:7 Pahlawan Wanita Indonesia Yang Angkat Senjata di Medan Perang

Robot bawah air juga memiliki sensor, kamera, sonar, dan alat-alat lain yang bisa mengirimkan data dan gambar ke permukaan atau menyimpannya di memori internal. Robot bawah air bisa bergerak bebas di sekitar Titanic dan mengamati detail-detailnya tanpa mengganggu atau merusak kapal itu.

Salah satu contoh robot bawah air yang pernah menjelajahi Titanic adalah Jason Jr, sebuah kamera robot kecil yang dibawa oleh kapal selam berawak Alvin pada tahun 1986. Jason Jr. berhasil mengambil gambar-gambar jelas dan tajam dari bagian dalam Titanic, termasuk tangga besar dan lampu gantung yang ditutupi karang.

BACA JUGA:Gagal Pinjam KUR, Bisa Ajukan BRI Kupedes Hingga Rp 250 Juta, Ini Keunggulannya

Robot bawah air lain yang pernah menjelajahi Titanic adalah Hercules, sebuah ROV canggih yang dimiliki oleh Ballard sendiri.

Hercules bisa melakukan berbagai tugas, seperti mengambil sampel biologi, mengukur suhu dan salinitas air, dan bahkan memainkan musik dengan piano mini di dek kapal.

Dengan adanya robot bawah air, kita bisa belajar lebih banyak tentang Titanic dan sejarah manusia yang terkait dengannya.

BACA JUGA:Aparat Gencarkan Pengawasan Pangkalan Gas Elpiji 3 Kilo

Robot bawah air juga bisa membantu kita menemukan jutaan bangkai kapal lain yang tersebar di dasar laut, seperti yang dikatakan Ballard.

Namun, kita juga harus menghormati Titanic sebagai situs warisan budaya yang dilindungi oleh UNESCO dan tidak merampas atau merusaknya demi kepentingan komersial atau sensasional.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: