Rahasia dan Sejarah Gunung Padang, Arkeolog Temukan Ada Banyak Terowongan Ruang dan Pilar

Rahasia dan Sejarah Gunung Padang, Arkeolog Temukan Ada Banyak Terowongan Ruang dan Pilar

Rahasia dan Sejarah Gunung Padang, Arkeolog Temukan Ada Banyak Terowongan Ruang dan Pilar--

RADARMUKOMUKO.COM - Gunung Padang adalah situs kuno yang berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Keberadaan situs seluas 291.800 meter persegi ini sempat mengundang perhatian publik beberapa waktu lalu karena diklaim sebagai struktur piramida tertua.

BACA JUGA:4 Tempat Wisata Religi Terbaik Umat Muslim di Indonesia

Lantas, bagaimana sejarah penemuannya?

Pada Tahun 1979, 3 orang petani yaitu Endi, Soma dan Abidin melaporkan keberadaan situs Gunung Padang pada pemerintah Direktorat maupun Puspandikbud.

Kemudian melakukan survei dan penelitian di situs ini, penelitian dilakukan pada tahun 1980 dengan melibatkan arkeolog yang membidangi kajian prasejarah yaitu Soejono.

Hasil dari penelitian arkeologis pada tahun-tahun tersebut menjelaskan situs Gunung Padang adalah punden berundak dari masa megalitikum, namun penelitian lebih lanjut dan mendalam justru menemukan banyak hal yang mengejutkan.

BACA JUGA:4 Tempat Wisata Religi Terbaik Umat Muslim di Indonesia

Arkeolog dari Direktorat perlindungan pembinaan peninggalan sejarah dan purbakala maupun dari pusat penelitian arkeologi nasional mengadakan pemetaan penggambaran dan deskripsi situs Gunung Padang.

Ekskavasi arkeologis di situs Gunung Padang tidak terjadi masa baru-baru ini tetapi sudah dilakukan sejak awal penemuan kembali pada tahun akhir 70-an dan awal 80 an.

Hasil ekskavasi pada periode itu menurut laporan Didi bintarti pada tahun 1982 membuktikan tidak ada tanda-tanda penguburan, temuan hasil ekskavasi hanya sebatas fragmen gerabah polos yang jumlahnya terbatas.

Ekskavasi yang dilakukan pada 2003 di teras ketiga situs Gunung Padang mendukung ekskavasi sebelumnya bahwa tidak ditemukan adanya gejala penguburan masa megalitik di situs ini.

BACA JUGA:Beragam Keindahan Pantai Ora, Kepingan Keindahan dari Maluku Tengah Seperti Maldives Atau Maladewa

Sementara itu pada teras keempat yang terletak lebih tinggi dari teras ketiga ditemukan bentuk tumpukan monolit yang oleh NJ krom diperkirakan merupakan kuburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: