Mukomuko Calon Penerima DBH Sawit, M. Ali Saftaini: Kecenderungan Kita untuk Jalan Perkebunan

Mukomuko Calon Penerima DBH Sawit, M. Ali Saftaini: Kecenderungan Kita untuk Jalan Perkebunan

Mukomuko Calon Penerima DBH Sawit, M. Ali Saftaini: Kecenderungan Kita untuk Jalan Perkebunan--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu merupakan salah satu daerah penghasil sawit yang bakal menerima Dana Bagi Hasil (DBH) sawit tahun 2023.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menetapkan DBH bagi daerah penghasil sawit sebesar Rp3,4 triliun dari total alokasi DBH sawit pada APBN tahun 2023, sebesar Rp136,25 triliun.

BACA JUGA:Wakil Bupati Mukomuko ke Kemensos, Audiensi Sekaligus Minta Dukungan Penanganan Disabilitas

Meski demikian, berapa total anggaran DBH yang bakal dikucurkan ke masing-masing daerah penghasil sawit, hingga kini belum mendapatkan kejelasan. Termasuk perihal penggunaan dan realisasi dananya. 

‘’DBH sawit memang sudah dianggarkan pusat. Akan tetapi, berapa jumlah dana yang bakal diterima untuk masing-masing daerah penghasil sawit belum dijelaskan. Kita Kabupaten Mukomuko masuk dalam daftar calon penerima DBH,’’ ungkap Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI baru-baru ini. 

Bupati Sapuan menginginkan DBH sawit digunakan untuk pembangunan infrastruktur akses transportasi perkebunan sawit masyarakat.

 ‘’Kecenderungan kita, DBH sawit untuk kegiatan pembangunan infrastruktur jalan perkebunan masyarakat,’’ imbuhnya.

BACA JUGA:Singapore Airlines Dinobatkan Sebagai Maskapai Terbaik Tahun Ini Versi Skytrax, Garuda Indonesia No Berapa?

Ketua DPRD Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE ketika dimintai tanggapannya, ia pun cenderung DBH sawit dikembalikan untuk peningkatan infrastruktur perkebunan sawit masyarakat. 

‘’Ya, namanya DBH sawit. Hemat kita akan lebih tepat ketika dipergunakan untuk pembangunan jalan konektivitas perkebunan sawit,’’ ujarnya. 

Ali menjelaskan, anggaran DBH sawit ini diperkirakan bakal dibelanjakan pada APBD perubahan nanti. Itu pun ketika telah ada kepastian jumlah dana yang bakal dikucurkan pusat ke masing-masing daerah. 

‘’Sampai sekarang kita belum menerima bocoran berapa dananya. Jikalau dana itu sudah ada kejelasannya, ya pasti akan dibahas di APBD perubahan nanti. Belanjanya pun di perubahan,’’ sampainya. 

BACA JUGA:Danau Baikal Yang Dihuni Suku Buryat, Terdalam, Terjernih Hingga Bisa Beku

Selain itu, Ali Saftaini menyebutkan bahwasanya DBH sawit ini pertama kali dianggarkan pemerintah pusat untuk daerah penghasil sawit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: