Dari 7 Suku Tertua di Indonesia, Salah Satunya sekarang Menghuni Wilayah Semenanjung Malaysia

Dari 7 Suku Tertua di Indonesia, Salah Satunya sekarang Menghuni Wilayah Semenanjung Malaysia

Dari 7 Suku Tertua di Indonesia, Salah Satunya sekarang menghuni wilayah Semenanjung Malaysia--

Suku Baduy

Suku ini mendiami wilayah yang ada di Jawa Barat. Menurut cerita yang tersiar di sekitar masyarakat, suku ini wajib menjaga alam sekitar dan lingkungannya. Dalam kesehariannya, Suku Baduy tidak pernah mengenakan alas kaki saat beraktivitas di luar rumah.

BACA JUGA:FIM Minta Ponpes Al Zaytun Indramayu Ditutup, Diduga Sesat

Mereka merupakan salah satu kelompok masyarakat yang menutup diri mereka dari dunia luar. Selain itu mereka juga memiliki keyakinan ta bu untuk didokumentasikan, khususnya penduduk wilayah Baduy Dalam.

Suku Melayu

Suku ini sudah ada sejak abad kesebelas di Indonesia dan terkenal sampai ke beberapa negara, bahkan suku ini juga sudah tersebar sampai ke Benua Eropa.

Suku Melayu merupakan satuan kelompok etnis yang berasal dari orang orang Austronesia yang sampai sekarang menghuni wilayah Semenanjung Malaysia, wilayah timur bagian Sumatra dan wilayah wilayah lain di sekitar Pulau Sumatra, indonesia.

Suku Dani

Suku Dani Papua, Perkampungan yang pertama kali diketahui di Lembah Baliem diperkirakan sekitar ratusan tahun yang lalu. Suku Dani dikena sejak ratusan tahun lalu sebagai petani yang terampil dan telah menggunakan alat perkakas yang pada awal mula ditemukan diketahui telah mengenal teknologi penggunaan kapak batu, pisau yang dibuat dari tulang binatang, bambu dan juga tombak yang dibuat menggunakan kayu galian yang terkenal sangat kuat dan berat.

BACA JUGA:4 Suku Asli Jambi, 'Beraroma' Minangkabau dan Sriwijaya

Mereka menggantungkan hidup dari alam dengan bercocok tanam sebagai aktivitas utamanya. Setia hari, Suku Dani menanam sayur mayur kemudian memanen dan menjualnya ke pasar.

Suku Dayak

Suku Dayak sudah ada sejak 2000 tahun sebelum maschi, suku dayak adalah penduduk asli Pulau Borneo yang saat ini masih banyak tinggal di pedalaman Kalimantan.

Suku asli dayak mempunyai budaya maritim / bahari, karena nam mereka banyak mempunyai arti dan berhubungan dengan sungai, karena banyaknya sungai yang terdapat di pedalaman Kalimantan. ciri khas Suku Dayak lain yang unik adalah tato, di mana tato ba masyarakat Dayak memiliki makna yang sangat mendalam.

Suku Jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: