5 Alasan Warga Minang Suka Merantau, “Pantang Pulang Sebelum Sukses”

5 Alasan Warga Minang Suka Merantau, “Pantang Pulang Sebelum Sukses”

Lirik lagu minang untuk perantau-Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

 

Faktor Ekonomi

Penyebab orang Minang merantau berikutnya adalah karena faktor ekonomi. Bagi masyarakat Minang terutama kaum pria, bekerja menjadi harga diri yang harus di jaga. 

Jika mereka hanya ongkang-ongkang kaki saja di rumah dalam usia muda, maka mereka akan merasa sangat malu dan tidak berguna. Apalagi jika ekonomi keluarganya hanya pas-pasan, bukan orang kaya yang punya harta berlimpah.

Dan seperti yang kita tahu pula, semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka lapangan pekerjaan yang dibutuhkan juga meningkat, sedangkan ketersediaannya masih sangat minim. 

Akhirnya, lagi-lagi merantau menjadi jalan terakhir bagi mereka, untuk mengubah nasib dan meningkatkan ekonomi keluarga.

BACA JUGA:Suku Rejang Salah Satu yang Tertua, Tak Pernah Merasa Penjajahan dan Paling Maju

Mengulang Kesuksesan

Yang dimaksud melanjutkan kesuksesan yang menjadi salah satu Penyebab Orang Minang Merantau adalah, banyaknya siraman motivasi dan dorongan dari pendahulu-pendahulu mereka yang telah sukses di tanah rantau, sehingga generasi-generasi yang baru ingin meneruskan hal yang sudah bisa dianggap tradisi ini.

Ada yang merantau ke pulau yang jauh, kemudian membuka usaha dan akhirnya sukses. Ada pula yang sampai ke luar negeri, membuka relasi dan bisnis di sana, lalu pulang dengan riang gembira. Bagaimana mereka tidak termotivasi, orang lain bisa, kita juga pasti bisa seperti mereka.

Dari uraian di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa, Mengapa Orang Minang Suka Merantau bukan hanya karena faktor ekonomi, seperti umumnya orang-orang di luar sana, masyarakat Minang memiliki motivasi dan dorongan yang lebih untuk menambah semangat mereka di perantauan.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: