Eksistensi Perdagangan, Mendag Zulkifli Hasan Perkuat Kerjasama Indonesia – Arab Saudi

Eksistensi Perdagangan, Mendag Zulkifli Hasan Perkuat Kerjasama Indonesia – Arab Saudi

Eksistensi Perdagangan, Mendag Zulkifli Hasan Perkuat Kerjasama Indonesia – Arab Saudi -Istimewa-berbagai sumber

RADARMUKOMUKO.COM- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan bahwa akan meningkatkan kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi.

Hal ini merupakan salah satu Strategi melalui pertemuan antar dua pelaku usaha besar yang berasal dari kedua negara dalam acara forum bisnis.

Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus guna memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi.

BACA JUGA:Ini Daerah Memiliki Perkebunan Sawit Terluas di Indonesia, Sumatera Utara di Posisi

BACA JUGA:Produktivitas Sawit Rakyat Masih Rendah, Solusinya Butuh Peningkatan SDM

Hal tersebut disebabkan oleh Zulkifli saat membuka forum bisnis Indonesia Arab Saudi &  Networking dengan tema “Reinforcing Bilateral Cooperation Trough Trade and Investment” di Jakarta, Selasa (30/5) lalu.

Selain itu, turut hadir dalam acara ini yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara Eric Thohir, Mengeri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadila, Duat Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H Amodi, Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Jeddah Eko Hartanto, dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid.

Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, Indonesia dan Arab Saudi Memiliki potensi kerjasama yang sangat besar.

Kedua negara ini merupakan pemimpin di kawasan masing-masing serta sedang giat dalam membangun di berbagai sektor.

BACA JUGA:Mengenal Sensus Produksi Sawit Petani Indonesia

BACA JUGA:Pengendalian Hama Sawit Pola EWS Dinilai Tepat dan Hemat

Namun, bisnis yang berkembang di antar kedua negara ini baru mencukup lingkup usaha kecil dan menengah, Umroh dan Haji, serta tenaga kerja.

“Setelah sukses sebagai Ketua G20 Tahun 2022, Indonesia saat ini merupakan ketua ASEAN. Indonesia memiliki jumlah penduduk hampir mencapai 280 juta jiwa, Sedangkan jumlah penduduk di ASEAN hampir mencapai 600 juta jiwa. Sementara itu, Arab Saudi merupakan negara besar pemimpin negara-negara di kawasan Teluk dengan jumlah penduduk hampir 400 juta jiwa. Jadi, kedua negara memiliki potensi ekonomi yang sangat besar,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Secara Kumulatif, pada periode Januari-Maret 2023, total perdagangan Indonesia Arab Saudi telah mencapai USD 1,39 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: