Kehidupan Kampus Memiliki Sisi Gelap Yang Tidak Pernah Terbayangkan

Kehidupan Kampus Memiliki Sisi Gelap Yang Tidak Pernah Terbayangkan

Kehidupan Kampus Memiliki Sisi Gelap Yang Tidak Pernah Terbayangkan--Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Setiap tahapan-demi tahapan dalam hidup, pasti memiliki dua sisi yang berbeda. Kedua sisi tersebut sudah pasti sisi baik dak sisi buruk. 

Namun, banyak orang yang tidak menyadari sisi buruk dalam tiap-tiap lamgkah kebhidupan.

Salah satunya adalah dalam tahap pendidikan. Memiliki nama ‘pendidikan ‘ tahap ini manusia akan menimba ilmu yang akan menjadi bekalmya kelak di masa depan.

Diisi dengan berbagai jenis kegiatan yang baik serta bermanfaat ternyata dapat menyembunyikan sisi gelapnya sehingga orang-orang tidak sadar bahwa di tahap pendidikan juga ada sisi gelap.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Makan Mie Instan yang Sehat dan Aman Tanpa Perlu Khawatir Mendatangkan Penyakit

Sisi gelap tersebut biasanya akan ada saat manusia sudah mulai masuk ke masa pendidikan tertinggi yaitu perguruan tinggi.

Sebagian besar perguruan tinggi di dunia memiliki konsep dan aturan yang sangat berbeda dibandingkan dengan masa sekolah. Sehingga banyak hal yang janggal jika kamu mencoba masuk ke dalamnya.

Bagi orang awam, kehidupan di kampus hanya sebatas pada interaksi antar dosen dan mahasiswa, mahasiswa yang menimba ilmu, serta mahasiswa yang fokus melatih dan menambah skill melalui praktek atau berorganiasai.

Namun, perlu diketahui bahwa kehidupan kampus lebih dari sekedar hanya menimba ilmu dan hal-hal yang sudah disebutkan di atas.

BACA JUGA:Satu dari 20 WNI yang Disekap di Myanmar Merupakan Warga Sumbar

Kehidupan di kampus bak simulasi kehidupan bernegada namun melebihi hidup berenegara itu sendiri.

Politik kampus yang selalu akan menggeru-geru, mulai dari persaingan antar kubu dalam merebutkan kursi, serta anarkisnya mereka dalam hal politik bisa melebihi kerusuhan berpolitik dalam negara.

Selain itu, banyak sekali mahasiswa yang memiliki dua sisi yang berbeda. Saat di kelas mereka terluhat pintar, namun di luar kelas mereka akan menjadi seseorang yang bahkan membuat kita tidak mengenalinya.

Salah satu sisi gelap yang paling gelap tentang kebidupan kampus adalah soal suap-menyuap. Ya, segala bentuk hal yang berkaitan dengan uang di kehidupan kampus seringkali kita temukan. Mulai dari money laundry, korupsi, hingga suap sudah biasa terjadi disana. Bahkan, kebanyakan oknumnya berasal dari tenaga pendidik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: